Kali Gunungpanti Meluap, 6 Desa di Pati Diterjang Banjir

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hujan lebat yang terjadi di wilayah Pegunungan Kendeng membuat air Kali Gunungpanti meluap ke daratan. Hujan dengan intensitas deras itu terjadi pada Selasa (27/2/2024) petang.

Akibatnya ada 6 desa dari 3 kecamatan di wilayah Pati bagian selatan terdampak dari luapan Kali Gunungpanti itu. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati desa yang terdampak yakni Desa Godo dan Desa Gunungpanti Kecamatan Winong.

Lalu Desa Sinomwidodo, Angkatan Kidul dan Desa Angkatan Lor Kecamatan Tambakromo, serta Desa Tanjunganom Dk. Paras Kecamatan Gabus.

“Pada Selasa 27 Februari 2024 pukul 15.30 WIB terjadi hujan lebat di wilayah Pati selatan Gunung Kendeng. Akibatnya air Kali Gunungpanti berdampak ke 3 kecamatan 6 desa,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya dalam laporannya yang diterima Rabu (28/2/2024).

Ia mengungkapkan 5 KK warga Desa Gunungpati terdampak banjir dengan ketinggian air 40 sampai 60 cm. Di Desa Godo ada 50 KK yang terkena dampak dengan ketinggian hingga 50 cm.

Berikutnya, di Kecamatan Tambakromo yakni Desa Sinomwidodo jumlah KK yang terdampak sebanyak 35, di Desa Angkatan Lor sebanyak 2 KK.

“Di Desa Angkatan Kidul ada 95 KK terdampak banjir 11 rumah terendam banjir, bangunan SD N Angkatan Kidul 02 terdampak banjir dengan ketinggian air sekitar 30 cm. Dan kantor desa Angkatan Kidul dengan ketinggian air 10 cm,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Budi di Kecamatan Gabus banjir menerjang Desa Tanjunganom Dk Paras Gang 4 yakni wilayah RT 02 RW 04 dengan ketinggian air 5 sampai 10 cm.

Meski kondisi sudah berangsur surut, tetapi masyarakat masih sibuk membersihkan endapan lumpur yang terbawa banjir. Hal mendesak juga perlu dilakukan pembersihan endapan lumpur di SDN Angkatan Kidul 02.

“Saat ini lokasi kejadian sudah berangsur surut,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Kepergok Pesta Miras oleh Warga, Sembilan Remaja Berseragam Sekolah Diamankan Polisi
Next post KPU Pati Mulai Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten
Social profiles