Surat Suara DPR-RI di Grobogan Banyak Yang Rusak dan Cacat

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Surat suara DPR-RI di Grobogan kondisinya banyak yang cacat dan rusak. Hal ini diketahui saat proses sortir dan pelipatan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum atau KPU Grobogan

Sejumlah 1.021 surat suara untuk DPR RI dengan kondisi cacat atau rusak ditemukan sejak penyortiran dan pelipatan pada Sabtu (6/1/2024) hingga saat ini Senin (8/1/2024) s

Pelipatan surat suara tersebut dilaksanakan mulai di Gedung Serbaguna Dewi Sri, Danyang, Purwodadi dengan melibatkan 528 orang tenaga yang terbagi menjadi 132 kelompok di mana masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.

“Hingga hari ketiga pelipatan, ditemukan 1.021 surat suara DPR RI yang rusak dengan kondisi, sobek, tinta ngeblok, potongan kertas tidak rapi,” jelas Koordinator Pengawas Adi Sucipto.

Para pekerja tersebut sebelumnya sudah diberi arahan mengenai tata cara sortir dan pelipatan surat suara. Sehingga sebelum melakukan pelipatan wajib mengecek kondisi surat suara.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan proses sortir dan pelipatan surat suara DPR RI di Pemilu 2024 yang rusak, sobek dan keblok tinta akan dimintakan ganti. Sedang untuk yang potongan kertas tidak rapi akan dicek lagi.

“Apabila surat suara yang kondisinya potongan kertas tidak rapi, akan dicek lagi. Jika masih memungkinkan, cukup dirapikan. Namun jika tidak mungkin akan dimintakan ganti,” jelas Agung.

Untuk diketahui, jumlah surat suara DPR RI 1.150.745 lembar dan 1.000 lembar untuk PSU (Pemungutan Suara Ulang). Jumlah keseluruhan surat suara 1.151.745 lembar. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Relawan DGP 8 Nobar Debat Capres di Gasebo Kincir
Next post Dukung Program UMKM, GenBI Komisariat IAIN Kudus Adakan GenBI Support UMKM yang bertempat di GOR Bung Karno Kudus
Social profiles