Pemkab Berencana Bangun Gedung Serbaguna di Kalidoro

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) berencana akan membangun Gedung Serbaguna di Kelurahan Kalidoro, Kecamatan Pati. Rencananya pembangunan gedung serbaguna ini akan dimulai bulan Maret 2024 nanti.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya pada DPUTR Pati, Arif Wahyudi menyampaikan pekerjaan itu dikerjakan secara bertahap. Dimulai pada Maret 2024 mendatang dengan membangun pondasi bangunan terlebih dahulu.

“rencananya di tahun ini ada pembangunan Gedung Serbaguna di Kalidoro. Tahun ini akan dimulai pembangunan pondasinya dulu,” kata Arif dalam rekaman yang ditulis, Selasa (9/1/2024).

Dia menjelaskan adapun ukuran Gedung Serbaguna yang bakal dibangun sekitar 30×20 meter. Pagu anggaran untuk pembangunan gedung serbaguna sebesar Rp 3 miliar.
Akan tetapi, mengingat kesanggupan anggaran APBD Kabupaten Pati hanya tersedia Rp 1 miliar. Sehingga pengerjaan proyek tersebut berjalan bertahap yakni dengan membangun pondasi.

“Baru tersedia Rp 1 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini. Jadi akan dilakukan secara bertahap. Rencananya DED (Detail Engineering Desain) itu membutuhkan Rp 3 miliar. Maka dibangun pondasinya dulu, dilanjutkan tahun depannya,” terang Arif.

Lahan yang bakal dibangun gedung serbaguna itu merupakan aset milik Pemkab. Tetapi difasilitasi pemerintah daerah, selanjutnya ketika sudah jadi akan dikelola oleh kelurahan yang bersangkutan.

“Tanah itu adalah milik Pemda. Nanti dibangunkan Pemda, kemudian yang mengelola sana (Kelurahan Kalidoro), Jadi kalau ada acara bisa dipakai,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dukung Program UMKM, GenBI Komisariat IAIN Kudus Adakan GenBI Support UMKM yang bertempat di GOR Bung Karno Kudus
Next post Pemkab Pati Mulai Berlakukan Layanan Uji KIR Gratis
Social profiles