DPUTR Selesaikan 3 Proyek Besar di 2023

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati telah menyelesaikan dua proyek pekerjaan besar di tahun 2023. Keduanya yakni pembangunan Makodim Pati dan penataan lahan parkir di makam Syekh Jangkung Kayen.

Pagu anggaran pekerjaan gedung Makodim sejumlah Rp 5,8 miliar itu mulai dibangun sejak bulan April. Anggaran itu bersumber dari APBD Kabupaten Pati. Tender proyek dimenangkan CV Ciageng dari Semarang.

“Pembangunan Makodim dikerjakan April-September. DEDnya (Detail Engineering Detail) malah tahun kemarin,” kata Kepala Bidang Cipta Karya pada DPUTR, Arif Wahyudi di kantornya, Senin (8/1/2024).

Pihaknya menyampaikan pekerjaan gedung markas TNI Pati ini sempat mengalami kendala hingga akhirnya molor 10 hari.

Namun, Arif memastikan hal itu terpenting adalah saat ini sudah selesai pembangunan gedung bagian timur dan barat.

Selanjutnya, pembangunan penataan lahan parkir kompleks makam Syekh Jangkung. Berbeda dengan sebelumnya, proyek penataan parkir Syekh Jangkung dikatakan tepat waktu.

Pengerjaan penataan lahan parkir Syekh Jangkung disediakan pagu sebesar Rp 1 miliar. Semula pembangun lahan parkir tanpa ada atap. Namun, ada anggaran sisa tender, kemudian digunakan untuk pengerjaan plafon.

“(pekerjaan) Syekh Jangkung mulai Juli-November. Tetapi ada penambahan pekerjaan diberi waktu tambahan 20 hari. Tapi bukan denda lho, ini penambahan. Pekerjaannya itu plafon, kalau awalnya duitnya kan gak cukup hanya Rp 1 M. Kemudian ada sisa tender 10 persen penawaran dipakai,” jelas dia

Di sisi lain, DPUTR juga membangun hall atau gedung senam yang lokasinya di belakang SPBU Plangitan, Kecamatan Pati. Adapun pagunya sebesar Rp 2,9 miliar dengan paket kontrak Rp 2,6 miliar.

“Pekerjaan yang besar cuma itu, selebihnya proyek kecil yang PL itu, ada pembangunan rumah dinas makodim Rp 350 juta,” pungkas Arif.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ditemukan Seorang Pria Asal Rembang Meninggal Misterius di Pasar Puri
Next post Polisi Tangkap Seorang Remaja Bawa Celurit yang Hendak Tawuran
Social profiles