Desa Karangsono Grobogan Dapat 25 Lampu Penerang Jalan Bertenaga Surya

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN –  Desa Karangsono, Kecamatan Karangrayung, Grobogan mendapatkan 25 unit lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS). Serah terima dilakukan oleh Anggota DPR RI Marwan Jafar didampingi Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Hendra Iswahyudi, Minggu (17/12/2023).

Hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Mundakar dan Kepala Seksi Energi ESDM Sinung Sugeng Arianto.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Hendra Iswahyudi mengatakan pemasangan PJU-TS ini merupakan wujud pemanfaatan energi bersih yang mendukung program Net Zero Emission.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong program pembangunan infrastruktur berbasis EBT berupa pemasangan PJU-TS. Melalui Direktorat Jenderal EBTKE yang didukung oleh Komisi VII DPR RI dan pemerintah daerah, telah terpasang 25 unit Penerangan PJU-TS di Kabupaten Grobogan.

“PJU-TS ini memiliki kapasitas panel surya sebesar 300 Wp dan berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca,” katanya.

Selain sebagai salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan, PJU-TS juga bermanfaat dalam mengurangi biaya listrik dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaran PAD yang berasal dari pajak penerangan jalan,” katanya lagi.

Kepala Desa Karangsono, Suharyono mengatkan, desanya merupakan wilayah paling selatan di Kecamatan Karangrayung dan jauh dari perkotaan. Dia mengatakan masih banyak jalan antardusun yang belum memiliki lampu PJU.

“Saya berharap lebih banyak lagi bantuan seperti ini,” katanya.

Ketua Komisi VII DPR RI Marwan Jafar menjelaskan, program ini penting agar tidak bergantung dengan energi fosil yang selama ini digunakan.

Ia menyebutkan, tahun 2023 ini Komisi VII mendapatkan total 50 unit PJU-TS yang dialokasikan di Kabupaten Pati dan Grobogan. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Laki-laki Paruh Baya Ditemukan Meninggal di Saluran Irigasi di Gabus Grobogan
Next post Dua Bocah Ditemukan Tewas Tenggelam di Embung Glinggang Pati
Social profiles