Antisipasi Covid-19 Merebak di Pati, RSUD Soewondo Siapkan 17 Kamar Isolasi

SAMIN-NEWS.com, PATI – RSUD Soewondo telah menyiapkan fasilitas belasan kamar isolasi Covid-19. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi rumah sakit jika kasus Covid-19 di Kabupaten Pati melonjak.

Kasus Covid-19 di Indonesia diketahui menunjukkan adanya peningkatan tren sejak pertengahan Oktober 2023. Covid-19 kali ini merupakan subvarian EG. 5 yakni sebagai turunan virus Omicron.

Plt Direktur RSUD Soewondo Pati, Hartotok, mengatakan bahwa pihaknya kini telah menyiapkan fasilitas ruangan untuk pasien Covid-19. Hal ini menindaklanjuti edaran dari Kementerian Kesehatan terkait Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus Covid-19.

“Penyediaan fasilitas tersebut merupakan perintah dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Namun secara teknis dan sebagainya dari kami masih menunggu petunjuk perintah selanjutnya,” kata Hartotok di kantornya, Kamis (14/12/2023).

Menurut Hartotok, ruangan kesehatan yang disiapkan ini diperuntukkan untuk isolasi pasien Covid-19. Dari ke-17 kamar yang disiapkan oleh RSUD Soewondo, semuanya berada di Ruang Melati.

Dia mengaku akan terus berkomunikasi dengan pemangku kebijakan mengenai ketentuan yang diterapkan setelah menyiapkan belasan kamar isolasi tersebut.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa jumlah kamar yang sudah disiapkan RSUD Soewondo itu, nantinya mampu menampung hingga 34 pasien. Artinya setiap satu ruangan diisi oleh dua pasien Covid-19.

“17 ruangan yang disiapkan. Tetapi jika ternyata memang kasusnya jumlahnya banyak maka itu kan darurat, bisa 1 ruang untuk 2 orang,” tutup Hartotok.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dua Truk Besar Terlibat Kecelakaan di Pantura Pati-Juwana
Next post Targetkan 15 Ribu Suara dalam Pileg 2024, Samsi Caleg DPRD Pati
Social profiles