Antisipasi Banjir, Pemkab Diminta Pemeliharaan Gorong-gorong

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) diminta untuk melakukan pemeliharaan gorong-gorong. Hal tersebut disampaikan Banggar DPRD Pati saat pembahasan rancangan KUA PPAS tahun anggaran 2024.

Seperti diketahui, musim penghujan diprediksi bakal mulainya antara November akhir – Desember. Mengingat tahun-tahun sebelumnya, banjir melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Pati. Agar tidak menimbulkan dampak yang besar, maka diharapkan pemerintah melakukan perbaikan fasilitas infrastruktur publik.

“Melakukan pemeliharaan dengan membangun gorong-gorong di jalan milik kabupaten untuk menghindari banjir,” sebut Banggar.

Di antaranya yang menjadi perhatian dewan adalah kondisi jalan milik kabupaten di bagian selatan. Mulai pemeliharaan ruas jalan dan gorong-gorong di Sukolilo, Prawoto hingga Pakem, perbaikan gorong-gorong jalan cengkalsewu-buluh.

Selain pemeliharaan gorong-gorong, Pemkab juga diminta untuk memperbaiki jalan rusak. Ini diperparah lagi akibat cuaca ekstrim. Jika terus dibiarkan akan membahayakan pengguna jalan. Perbaikan jalan ini yang dimaksud yaitu Kayen beketel, perbaikan jalan Batangan-jaken.

Bukan hanya kerusakan jalan, namun OPD terkait juga memperhatikan kondisi sungai simo yang berada di pinggir jalan raya Pati-Juwana.

“Selain itu kondisi di jalan Juwana-Pati banyak genangan air sehingga Sungai Simo yang berada persis di sebelah utara jalan raya itu agar dilakukan normalisasi,” sambungnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemkab Diminta Terus Pantau Stabilitas Pangan
Next post Badan Pengawas Pemilihan Umum Jadi Narasumber di Pertemuan FGD
Social profiles