Badan Pengawas Pemilihan Umum Jadi Narasumber di Pertemuan FGD

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati menjadi narasumber Focus Group Discussion (FGD) yang bertempat di aula Diskominfo Selasa (14/11) ketua Bawaslu pati Supriyanto menyampaikan kunci terpenting dalam kesuksesan tahapan pemilu adalah ketika semua pihak memiliki kewenangan untuk menjalin komunikasi yang baik.

Kegiatan yang diadakan oleh Diskominfo bertujuan untuk menciptkan pemilu yang kondusif, baik secara nyata maupun secara digital di era digital ini. Terlebih terdapat isu sara politik dan hoaks yang sering beredar di kalangan pengguna sosial media dan berpengaruh kepada stabilitas kemanan masyarakat didunia nyata.

Lanjut Supriyanto Tantangan yang dihadapi pada pemilu 2024 ini sangat berat. Terlebih bahwa yang ada saat ini adalah sosial media yang cukup kuat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Sosial media saat ini bersifat luas dan tanpa batas. Sehingga penggunaannya sangat berpengaruh dalam setiap tahapan pemilu, baik saat kampanye belum dilakukan atau sedang dilakukan.

“Sosmed saat ini, misalnya satu menit yang lalu dipost di postingan, dibaca banyak orang. Bisa di share keorang lain, tanpa berbayar. Dan sangat efektif dalam kampanye atau sebelum kampanye, juga efektif dalam memberikan info-info kepemiluan. Sehingga pasti ada saja isu-isu bisa jadi hoaks yang berkembang di kalangan pengguna sosmed” Kata Supriyanto.

Tentunya, untuk memerangi hoaks ini pihak-pihak yang berperan memiliki langkah serius tanpa asal-asalan menindaklanjuti pelaku hoaks. Yaitu dengan, menghadirkan pakar-pakar yang ahli dalam menganalisis apakah informasi tersebut bersifat hoaks atau tidak.

Supriyanto berharap dengan adanya langkah bersama dapat menimbulkan kerjasama dan sinergi yang baik untuk instansi maupun masyarakat disekitar, Sehingga tujuan akhir dari ketertiban masyarakat yang kondusif dapat tercapai dengan harapan yang baik.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Antisipasi Banjir, Pemkab Diminta Pemeliharaan Gorong-gorong
Next post Srawung, Wadah Pemuda Tayu Wetan Tumbuhkan Kepekaan dan Kreativitas
Social profiles