Pemdes Pegandan Salurkan Bansos Beras ke Ratusan Warganya

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Pegandan, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati menyalurkan bantuan sosial (Bansos) pangan berupa beras kepada ratusan keluarga penerima manfaat untuk warga yang kurang mampu.

Kepala Desa (Kades) Pegandan, Sudarmono mengatakan bansos ini merupakan program pemerintah yang diberikan untuk membantu meringankan masyarakat kurang mampu.

“Bantuan sosial beras dari Dinsos yang disalurkan melalui Desa Pegandan untuk warga yang kurang mampu. Ini kita bagikan beras sebanyak 300 penerima,” kata Kades di sela kegiatan, Jumat (13/10/2023).

Acara pembagian bansos beras ini sudah dimulai pagi hari. Tampak warga mengantre mendapatkan beras sejumlah 10 kilogram tersebut. Hingga siang hari penyaluran bansos masih belum usai.

Menurutnya, Bansos ini untuk membantu masyarakat dalam rangka program bantuan terkait adanya fenomena El Nino. Sehingga diharapkan bantuan ini bisa membantu menyukupi kebutuhan pokok masyarakat.

“Bansos beras dari pemerintah terkait adanya El Nino, jadi untuk mengurangi dampak kekeringan ekstrim ini dibutuhkan untuk dukungan ketahanan pangan,” tambah Sudarmono.

Di samping itu, bansos pangan ini juga diharapkan mampu mengatasi gejolak inflasi di tengah harga beras saat ini sangat tinggi. Kenaikan beras sendiri sudah terjadi sekitar Agustus kemarin.

“Maka melalui bansos beras ini kita berharap dapat meringankan masyarakat. Terlebih masa-masa seperti ini musim kemarau panjang. Di tambah lagi dengan harga beras yang tinggi, jadi semoga ini membantu mereka yang kurang mampu,” ungkap dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemdes Wangunrejo Garap Pembangunan Skala Prioritas
Next post Unik! Tradisi Minta Hujan Dilakukan Oleh Warga Lintas Agama di Panandaran Grobogan
Social profiles