Disnakertrans Sebut HWI November Mulai Buka Lowongan Kerja

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati menyebut perusahaan asal negara Korea Selatan PT Hwaseung Indonesia (HWI) bakal membuka lowongan kerja mulainya bulan depan.

Kepala Disnakertrans Pati, Bambang Agus Yunianto mengatakan perekrutan tenaga kerja di pabrik HWI 2 yang berada di Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, itu dilakukan secara bertahap. Makan tetapi, tahap awal akan dibuka mulai bulan November 2023.

“Total keseluruhan yang akan direkrut sesuai dengan norma aturan itu sekitar 15 ribu karyawan. Tapi kan ini bertahap, tahap awal mulai besok November sekitar 500 an,” kata Bambang di Ruang Joyokusumo Sekretariat Daerah (Setda), Rabu (4/10/2023).

Pihaknya mengungkapkan open rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan Negeri Ginseng tersebut untuk tahap awal ini direncanakan membuka 500 karyawan.

Menurutnya, ini dilakukan dengan mempertimbangkan pasar di Eropa. Jika konsumsi produk perusahaan di pasar asing tinggi, maka akan dilakukan penyesuaian dengan menambah tenaga kerja.

“Rencana terdekat akan dibuka sekitar 300-500 an. Pembukaan selanjutnya bertahap, jadi melihat orderan pasar di Eropa seperti apa,” Bambang menjelaskan.

Disnakertrans, kata dia menyatakan telah berkoordinasi dengan internal perusahaan terkait lowongan kerja. Namun, Bambang masih terus memantau perkembangan di lapangan. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan rapat lagi dengan PT HWI.

Kendati demikian, pihaknya memastikan bahwa masyarakat Pati, utamanya di sekitar pabrik akan diprioritaskan menjadi tenaga kerja pada perusahaan tersebut.

“Karyawan (HWI) yang dari Jepara sudah dipindah ke sini, kemarin. Ada sekitar 200 orang yang dipindah ke sini kelihatannya. Jadi sudah beroperasi, tinggal penambahan perekrutan saja,” pungkas Bambang.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Para Kades di Grobogan Diajak Damai Jelang Pemilu 2024
Next post BPJS bersama Pemkab Pati Komitmen Wujudkan Program UHC
Social profiles