BPJS bersama Pemkab Pati Komitmen Wujudkan Program UHC

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kantor Cabang Pati bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati) berkomitmen mewujudkan pelayanan kesehatan yang memadai. Upaya itu ditandai dengan kerjasama antara BPJS Kesehatan KC Pati dengan pemerintah setempat mewujudkan Universal Healt Coverage (UHC).

Kepala BPJS Kesehatan KC Pati, Wahyu Giyanto mengatakan program UHC bertujuan untuk mempermudah pelayanan kesehatan yang adil tanpa ada diskriminasi bagi semua elemen masyarakat.

“Selain mempermudah pelayanan kesehatan, juga tidak ada diskriminasi kepada masyarakat apalagi mengenai akses pelayanan kesehatan.

Jadi, kami harap masyarakat bisa mendaftar dan masuk dalam kepesertaan anggota UHC,” ucap Wahyu, Rabu (4/10/2023).

Dirinya membeberkan bahwa program UHC memiliki manfaat yang luar biasa. Semisal ada pasien yang belum mempunyai jaminan kesehatan, maka yang bersangkutan harus mendaftar dan menunggu berhari-hari sampai aktif. Akan tetapi, berbeda ketika sudah terdaftar di program ini, maka akan segera dilayani disaat itu juga.

“UHC itu diharapkan tidak ada kesulitan akses pelayanan kesehatan ketika sakit. Sehingga orang sakit bisa dilayani langsung di rumah sakit. Kalau sudah masuk UHC sakit hari ini, daftar hari ini bisa dilayani hari itu juga, enak banget ini,” jelasnya.

Akses kesehatan merupakan hak setiap warga negara bisa mendapatkan pelayanan yang baik serta mudah. Bukan hanya dari kalangan berada, melainkan semua lapisan harus mendapat pelayanan kesehatan yang sama dan memadai.

“BPJS KC Pati bekerja sama dengan pemerintah daerah Pati agar program ini dapat segera terwujud dan bisa dirasakan oleh masyarakat.
Bergerak bersama mewujudkan komitmen menuju UHC,” sambungnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Siti Subiati mengatakan bahwa UHC merupakan program positif yang harus dilakukan bersama guna menjamin pelayanan kesehatan bagi masyarakat tak terkecuali.

“Kami mewakili pemerintah (Pemkab) sangat mendukung dan setuju. Pasalnya program ini sangat berpihak kepada masyarakat sehingga harus kita wujudkan bersama,” singkat Siti Subiati.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Disnakertrans Sebut HWI November Mulai Buka Lowongan Kerja
Next post Enam OPD di Kabupaten Pati Diisi Plt, Mana Saja Itu
Social profiles