Pasar Gede, Jujugan Wisata Kuliner Bagi Pelancong

0
Pintu utama masuk Pasar Gede
Pintu utama masuk Pasar Gede

SAMIN-NEWS.com, Berkunjung ke Kota Solo tidak lengkap rasanya jika belum mampir ke Pasar Gede Hardjonagoro. Pasar dengan arsitektur Jawa – Belanda ini merupakan bangunan yang menjadi salah satu ikon Kota Solo.

Lokasi Pasar Gede ini terbilang sangat strategis. Yakni berada di pusat kota yang berdekatan dengan Keraton Solo dan hanya berjarak beberapa meter dari Balaikota Surakarta.

Pasar ini merupakan bangunan bersejarah yang ada sejak tahun 1930. Tampak luar pasar ini kental dengan suasana kuno jaman dahulu. Walaupun begitu, pasar ini tetap mempertahankan wujud aslinya meskipun beberapa kali direnovasi. Pasar ini juga terlihat rapi dengan suasana dan penataan barang dagangan menggunakan meja-meja tinggi.

Pasar Gede memiliki beberapa kuliner legendaris khas Solo yang namanya terkenal sampai luar daerah. Mulai dari makanan tradisional seperti es dawet telasih Bu Dermi, lenjongan, brambang asem, es gempol pleret, tahok dan masih banyak lagi.

Seorang pengunjung Pasar Gede, Yayuk, mengatakan jika dirinya datang ke Solo untuk menikmati kuliner tradisional yang ada di pasar ini. Awalnya dia hanya ingin mencoba es dawet telasih Bu Dermi, tapi setelah berkeliling ia jadi tertarik ke beberapa kuliner lainnya.

“Iya aku dengar di Pasar Gede ini banyak kuliner tradisional, awalnya aku hanya tertarik dengan es dawet telasih, tapi setelah muter-muter akhirnya juga mencicipi lenjongan dan pecel disini,” imbuhnya.

Tak hanya kuliner tradisional, Pasar Gede juga menawarkan beberapa pilihan kuliner kekinian yang diminati kaum milenial. Mulai dari dimsum, aneka roti, coffe shop, hingga masakan western yang dapat dijumpai di kedai yang bernama TFP kopi warung.

Jirhan, seorang remaja yang berkunjung ke Pasar Gede, mengatakan jika pasar ini berbeda dengan pasar lainnya. Ia menjelaskan bahwa Pasar Gede ini adalah pasar tradisional yang update dengan jaman sekarang. Maka dari itu, banyak remaja yang mampir kesini karena tempatnya terlihat keren dan instagramable.

“Jadi dari dulu memang pengen banget kesini, Pasar Gede ini tempatnya asyik banyak spot keren buat foto instagram, pasar ini juga kelihatan update dengan menambah kuliner yang disukai remaja milenial,” ucapnya.

Aspek tersebut manjadi daya tarik para wisatawan yang singgah ke Pasar Gede. Tak heran apabila Pasar Gede sudah bertransformasi dari sekedar pasar pada umumnya yang bertajuk jual beli, kini menjadi salah satu pasar dengan fungsi wisata dan rekreasi yang cukup menjanjikan.

Penulis : Rizky Kusumo Adi
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang