Mencicipi Lezatnya Ayam Goreng Mbah Karto, Kuliner Sukoharjo Favorit Presiden Jokowi

SAMIN-NEWS.comSalah satu kuliner legendaris di wilayah Solo Raya adalah Rumah Makan Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel. Kuliner ini sudah beroperasi sejak tahun 1969. Meskipun berlokasi di Kota Sukoharjo, jaraknya tidak terlalu jauh dari Solo, pengunjung hanya memerlukan waktu 30 menit perjalanan ke arah selatan dari Solo. Rumah makan ini terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto no.9

Rumah Makan Mbah Karto Tembel menyuguhkan Ayam Goreng yang lezat dengan bahan utama Ayam Kampung. Mereka berjualan dengan konsep sebuah bangunan rumah joglo, menghadirkan atmosfer tradisional yang nyaman dengan meja panjang dan suasana yang sejuk. Ayam gorengnya sangatlah empuk dan bumbunya meresap. Dengan potongan ayam kampung yang cukup besar membuat puas pengunjung yang menyantapnya. Rumah makan ini juga menyediakan dua jenis sambal untuk menambah cita rasa, yaitu sambal bawang dan sambal blondo.

Bagi pengunjung yang awam dengan sambal blondo. Sambal ini merupakan cocolan yang sekarang sulit ditemukan di tempat makan lain. Sambal ini dibuat dengan santan kelapa yang direbus dalam waktu lama, kemudian dicampur dengan gula merah, cabe, dan rempah-rempah. Rasanya mencakup elemen gurih, asin, manis, dan pedas.

Untuk menikmatinya, pengunjung bisa mencocol ayam goreng ke dalam sambal blondo atau mencampurnya dengan sambal bawang untuk menambah rasa pedas. Selain itu, hidangan ini juga disajikan dengan lalapan seperti irisan ketimun, kacang panjang, daun kemangi, dan toge yang memberikan kesegaran.

Rumah Makan Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel dibuka sejak pukul 07:00 WIB pagi hingga pukul 21:00 WIB. Pengunjungnya tidak hanya berasal dari Sukoharjo, tetapi juga dari berbagai kota di sekitarnya. Warung ini bahkan telah menjadi langganan Presiden Joko Widodo sejak beliau masih menjadi pengusaha mebel hingga saat ini, ketika beliau menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Penulis : Rizky Kusumo Adi
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Buka Lowongan, Puluhan Peserta Ikuti Tes Masuk Indomaret di Pati
Next post Menikmati Suasana Malam yang Syahdu di Kompleks Balaikota Surakarta
Social profiles