Menikmati Suasana Malam yang Syahdu di Kompleks Balaikota Surakarta

SAMIN-NEWS.comBerkunjung ke Kota Solo akan selalu teringat dengan suasananya. Walaupun kota ini tidak terlalu ramai seperti kota-kota disekitarnya, tapi kota ini selalu menghadirkan perasaan rindu kepada para wisatawan yang pernah singgah.

Berbagai sudut Kota Solo menyajikan berbagai objek wisata yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah kompleks Balaikota Surakarta.

Balaikota Surakarta merupakan pusat pemerintah Kota Solo. Meskipun sebagai tempat pemerintahan, Balaikota Surakarta hadir dengan suasana berbeda. Sekarang, tempat ini terbuka bagi masyarakat yang ingin singgah.

Lokasinya yang strategis membuat Balaikota mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan luar. Balaikota Surakarta berada di Jalan Jendral Sudirman No.2 tepatnya di sebelah barat Pasar Gede, atau di dekat titik nol Kota Solo.

Suasana Balaikota Surakarta sangat indah pada malam hari. Tempat ini menjadi area terbuka bagi masyarakat karena tidak ada sekat bagi pemerintah kota dengan masyarakat sipil.

Tempatnya yang asri dan banyak tanaman hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Meski hanya seperti halaman biasa yang ditumbuhi rumput, kompleks Balaikota Surakarta terkesan rapi dan bersih. Arsitektur bangunannya pun terlihat estetik sehingga pengunjung dibuat betah nongkrong disini.

Salah seorang pengunjung kompleks Balaikota Surakarta, Selsa, mengungkapkan bahwa dirinya kesini hanya untuk duduk, makan dan menikmati suasana Kota Solo.

“kesini cuman nongkrong dan beli jajanan sama teman-teman, tempatnya enak, suasananya juga syahdu” imbuhnya, Jumat (22/9/2023)

Saat ini, kompleks Balaikota Surakarta menjadi ruang publik untuk kegiatan-kegiatan masyarakat. Tempat ini sering menjadi sarana berbagai acara, terutama saat ada hari perayaan besar seperti hari raya idul fitri, hari raya nyepi, imlek, natal dan lain sebagainya.

Biasanya saat ada acara-acara tersebut, kompleks Balaikota Surakarta dan jalanan sekitarnya akan disulap dengan hiasan serta lampu-lampu yang mengisyaratkan acara perayaan tersebut.

Masyarakat lokal pun dipersilakan mengambil bagian dengan disediakan tempat untuk berjualan dagangan mereka. Berbagai makanan, mainan hingga kerajinan tangan banyak ditawarkan pada area yang disediakan.

Bagi wisatawan yang bingung mencari wisata malam di Kota Solo, bisa mampir ke kompleks Balaikota Surakarta. Meskipun tempatnya terkesan sederhana, tapi pengunjung dijamin merasa betah nongkrong disini sambil menikmati suasana pusat Kota Solo di malam hari. Kompleks Balaikota Surakarta bisa dikunjungi mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Penulis : Rizky Kusumo Adi
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Mencicipi Lezatnya Ayam Goreng Mbah Karto, Kuliner Sukoharjo Favorit Presiden Jokowi
Next post Kenikmatan Bakso Alex yang Memikat dan Bikin Ketagihan
Social profiles