Antusiasme Warga bersama Peringatan Hari Aksara TBM Omah Buku Kosmasari

SAMIN-NEWS.com, PATI – Warga Desa Karangsari, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati terlihat sangat antusias mendatangi sekretariat TBM Omah Buku Kosmasari yang menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Aksara, Sabtu (9/9/2023).

Ada sejumlah rangkaian kegiatan yang digelar, di antaranya medikal cek up kerja sama dengan RSU Sebening Kasih, pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), potong rambut gratis. Sedangkan malamnya, pertunjukan pentas seni budaya.

Salah satu peserta, Uswatun Hasanah mengaku dirinya datang untuk cek up kesehatan. Ia mengeluhkan pusing, batuk dan mual.

“Terima kasih kepada TBM, semoga ke depannya acara berobat gratis ini bisa diadakan lagi. Karena mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Bakti sosial tersebut tiap tahun diselenggarakan oleh TBM Omah Buku Kosmasari. Hal ini dilakukan guna mendukung gerakan literasi hingga akar rumput. Pemenuhan kesehatan serta administrasi kependudukan sebagai support sistem mewujudkan literasi.

Kegiatan ini diapresiasi oleh RSU Sebening Kasih, yang diwakili oleh dr Naufal Aria. Melalui kegiatan ini, pihaknya bisa turut serta melakukan promosi kesehatan. Dan direspon luar biasa warga setempat dengan mengikuti medikal cek up yang meliputi pemeriksaan tensi, cek gula darah, pemeriksaan umum dan pengobatan gratis.

Menurutnya, medikal cek up sebagai pemeriksaan dasar terkait keluhan yang dirasakan. Sebab, banyak warga yang tidak tahu terkait keluhannya, seperti hipertensi dan diabetes. Oleh karena itu, bakti sosial ini sebagai upaya promosi kesehatan dengan memberikan edukasi yang tepat.

“Selamat memperingati hari aksara internasional, semoga kegiatan literasi berjalan serta semua pihak saling mensupport,” kata dr Naufal Aria.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Disdukcapil, Kabupaten Pati, Sutikno Edi. Pihaknya berterima kasih kepada TBM Omah Buku Kosmasari yang telah menginisiasi layanan adminduk bagi masyarakat. Dia berujar kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali di waktu yang akan datang.

“Membantu kita untuk perekaman e-KTP, jadi kegiatan yang diselenggarakan TBM Omah Buku Kosmasari itu sangat membantu pemerintah terlebih masyarakat yang belum melakukan rekam. Di lain sisi, ini juga membantu masyarakat di dalam pengurusan adminduk itu,” terangnya.

Ketua TBM Omah Buku Kosmasari, Muhammad Syihabbudin mengatakan kegiatan ini sudah dilakukan ke enam kalinya. Pihaknya menyampaikan harapannya ke depan bisa bergandengan tangan, berkolaborasi berbagai komunitas dan element untuk kemajuan literasi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam kegiatan ini sebagai upaya mendukung gerakan literasi,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Tersangka Penyelewengan Bumdesma Ditahan di Lapas bersama 20 Tahanan Lain
Next post Hirup Gas Karbondioksida Saat Kuras Sumur, Seorang Warga Gubug Meninggal Dunia
Social profiles