Residivis Spesialis Maling Rumah di Grobogan, Ditangkap Polisi

DH (40) ditangkap setelah berhasil menggasak dua ponsel

SAMIN-NEWScom, GROBOGAN – Polisi menangkap DH alias Cengkeh (40) Desa Boloh, Toroh, Grobogan. Pelaku pencurian spesialis rumah di wilayah Toroh, Grobogan.

DH (40) ditangkap setelah berhasil menggasak dua buah ponsel milik korban WS warga Desa Boloh, Toroh, Grobogan dan perhiasan serta uang tunai milik Sw warga Desa Plosoharjo, Toroh Grobogan.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Toroh Polres Grobogan AKP Saptono Widyo mengatakan,peristiwa itu terjadi pada Selasa (8/8/2023) dan Kamis (10/8/2023).

‘’Pelaku merupakan seorang diri atau pelaku tunggal. Pelaku juga tercatat sebagai residivis pencurian dengan pemberatan pada tahun 2019 dan 2022,’’ kata Kapolsek Toroh Polres Grobogan, Selasa (22/8/2023).

Dijelaskan Kapolsek Toroh Polres Grobogan, pelaku melakukan aksinya yang pertama di rumah WS di Desa Boloh, Toroh, Grobogan.

Pelaku mencuri dua buah ponsel yang sedang di cas saat korban tidur bersama ketiga anaknya.

‘’Saat bangun tidur, korban melihat ponsel yang di cas di dekat almari es sudah tidak ada. Korban juga melihat almari pakaian dalam keadaan acak-acakan,’’ jelas AKP Sapto.

Dalam kejadian tersebut, korban mengalami kerugian Rp 3,5 juta.

Selanjutnya, aksi kejahatan yang kedua dilakukan di rumah Sw, warga Plosoharjo, Toroh, Grobogan.

‘’Saat itu korban yang merupakan pedagang sayur pergi ke pasar untuk belanja. Pintu utama rumah, tidak dikunci,’’ ujar Kapolsek Toroh Polres Grobogan.

Saat berdagang, korban diberitahu anaknya bahwa lemari di rumahnya dalam keadaan terbuka dengan dompet berserakan di lantai depan almari.

Korban Sw, kemudian pulang dan melakukan pengecekan bersama anaknya. Saat itu, diketahui perhiasan emas berupa dua gelang emas, dan satu cincin emas yang disimpan didalam dompet di almari rumahnya telah hilang.

‘’Selain itu, pelaku juga menggasak sebuah celengan berbentuk ayam jago, dan uang tunai sejumlah Rp 7 juta yang disimpan di tiga buah dompet milik korban,’’ ungkap Kapolsek Toroh Polres Grobogan.

Atas kejadian tersebut, korban Sw mengalami kerugian total mencapai Rp 12 juta.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan dan mendapatkan bukti yang kuat, Polisi akhirnya melakukan penangkapan terhadap DH alias Cengkeh (40).

‘’Saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan, petugas juga menemukan sebuah ponsel merk MI 6A milik korban pertama,’’ ujar AKP Sapto.

AKP Sapto menambahkan, modus yang digunakan pelaku yakni masuk kedalam rumah korban pada waktu malam hari.

‘’Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam hukuman 7 tahun penjara,’’ ucap Kapolsek Toroh Polres Grobogan.

Kapolsek Toroh Polres Grobogan mengimbau warga untuk selalu hati-hati dan waspada akan terjadinya pencurian.

‘’Pastikan pintu dalam keadaan terkunci saat akan pergi meninggalkan rumah, dan selalu simpan barang berharga di tempat yang paling aman di dalam rumah,’’ pungkas Kapolsek Toroh Polres Grobogan.(RR/RD)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Kapolres jepara memberikan sambutan dalam rakor Previous post Polres Jepara Gelar Rakor Pembentukan Satgas Penanggulangan Karhutla
Next post KPU Pati Umumkan Daftar Calon Sementara DPRD 2024
Social profiles