Manfaatkan Pematang Tambak, Mahasiswa Tim II KKN Undip Lakukan Penanaman Cabai bersama Petani Tambak Desa Jepat Lor

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di tengah semangat untuk menggalakkan pertanian, Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro yaitu Khusnul Kotimah dari program studi Agribisnis mengadakan kegiatan penanaman cabai bersama petani tambak dalam rangka pemanfaatan pematang tambak di desa Jepat Lor, Kecataman Tayu, Kabupaten Pati.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu, 23 Juli 2023 di pematang tambak milik bapak Sukilan yang merupakan salah satu petani tambak di Desa Jepat Lor. Kegiatan penanaman cabai ini diikuti oleh mahasiswa KKN Tim II Undip dan para petani tambak desa Jepat Lor.

Kegiatan pemanfaatan pematang tambak untuk penanaman cabai ini dilatarbelakangi oleh pematang tambak yang tidak dimanfaatkan dengan baik dan hanya dibiarkan gersang begitu saja. Penanaman cabai ini berguna untuk mendorong kesadaran petani tambak untuk lebih memanfaatkan pematang tambak dengan baik. Selain itu juga untuk mendorong kesadaran akan pentingnya ketahanan pangan.

“pematang tambak di desa Jepat Lor ini memang kurang dimanfaatkan oleh para petani dan hanya dibiarkan begitu saja, sehingga terlihat sangat gersang” Ucap Bapak Sukilan selaku salah satu petani tambak.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara dan sambutan dari ketua petani tambak yaitu bapak Hafid Nugroho. Setelah acara pembukaan lalu dilanjutkan dengan acara penanaman cabai bersama mahasiswa KKN dan para petani tambak.

“Penanaman cabai ini diharapkan mampu menjadikan pematang tambak menjadi lebih berguna dalam penyediaan bahan pangan khususnya sebagai bahan dapur. Harga cabai yang cenderung mahal juga menjadi alasan pemilihan komoditas cabai ini untuk ditanam di pematang tambak.” Jelas Khusnul mahasiswa KKN Tim II Undip 2023 selaku koordinator dan pelaku kegiatan.

Penanaman cabai bersama para petani tambak desa Jepat Lor
Penanaman cabai bersama para petani tambak desa Jepat Lor

Kegiatan program ini mendapatkan respon yang positif dari para petani tambak. Petani tambak antusias mengikuti kegiatan ini dan ikut aktif menanam cabai bersama.

Keberlanjutan dari program atau kegiatan ini adalah dimana petani tambak dapat memanfaatkan pematang tambaknya untuk hal yang lebih berguna salah satunya yaitu dengan penanaman cabai, dimana para petani tambak juga dapat memenuhi kebutuhan cabainya dari pematang tambak tersebut dan tanaman cabai tersebut dapat tumbuh dengan baik.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Penanaman Toga dan Hortikultura untuk Hijaukan Lingkungan
Next post Ratusan Ibu dan Anak PAUD di Jepara Ikuti Finger Painting
Social profiles