Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Penanaman Toga dan Hortikultura untuk Hijaukan Lingkungan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Khusnul Kotimah dari program studi Agribisnis mengadakan kegiatan penanaman tanaman toga dan hortikultura dalam rangka pemanfaatan lahan kosong.

Lahan kosong ini merupakan lahan yang berada di sekitar balai desa Jepat Lor yang memang dibiarkan gersang dan terbengkalai begitu saja. Sehingga hal ini memunculkan ide khusnul selaku mahasiswa agribisnis untuk mengajak menanami bersama lahan kosong tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 4 hingga 6 Agustus 2023 di lahan kosong sekitar balai desa Jepat Lor. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa KKN Undip dan ibu-ibu PKK serta beberapa perangkat desa Jepat Lor.

Penanaman tanaman toga dan hortikultura ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang kosong disekitar balai desa yang dibiarkan gersang begitu saja. Selain itu, pelaksanaan program ini juga bertepatan dengan adanya lomba hatinya PKK sehingga menambah antusias masyarakat dalam ikut serta kegiatan ini.

“Dengan adanya kebun tanaman toga dan hortikultura ini dapat menjadikan lingkungan hijau dan asri serta hasil tanamannya nanti dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan pemenuhan pangan sehari hari” Ujar Khusnul Mahasiswa KKN Tim II Undip.

Kegiatan penanaman tanaman toga dan hortikultura ini dilakukan selama 3 hari. Hari pertama yaitu persiapan lahan dan persiapan alat dan bahan. Hari kedua yaitu mulai proses penanaman dan dilanjutkan di hari ketiga dengan pemasangan papan nama tanaman. Pemasangan papan nama tumbuhan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui setiap jenis tanaman beserta masing-masing manfaatnya.

Penanaman tanaman toga dan hortikultura di lahan kosong
Penanaman tanaman toga dan hortikultura di lahan kosong

Tanaman yang ditanam ada 15 jenis yaitu jahe, kunyit, kencur, lengkuas, cabai, tomat, terong, kacang panjang, ketela, pepaya, kucai, seledri, kemangi, jeruk purut, dan sawi.

Tanaman tersebut ditanam dengan harapan dapat menghijaukan lingkungan serta membantu masyarakat dalam menenuhi kebutuhan pangan yang sehat dan bergizi.

Aktivitas merawat kebun tanaman toga dan hortikultura kedepannya dilakukan agar tanaman tetap tumbuh subur dan masyarakat tetap produktif setiap harinya sehingga hasilnya bisa dinikmati bersama.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Lokasi Wisata Sendang Keongan Klambu Grobogan Previous post Wisata Sendang Keongan Klambu Grobogan Dibangun, Anggaran Capai 7 Miliar Rupiah
Next post Manfaatkan Pematang Tambak, Mahasiswa Tim II KKN Undip Lakukan Penanaman Cabai bersama Petani Tambak Desa Jepat Lor
Social profiles