HUT ke-78 Kemerdekaan, Henggar Pesan Tingkatkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengukuhkan anggota Paskibraka

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tinggal esok hari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi meminta jiwa nasionalisme patriotisme harus ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Pj saat mengukuhkan 42 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (16/8/2023). Pengukuhan ini dihadiri oleh sejumlah OPD, Forkopimda, hingga perwakilan DPRD Pati.

“Wujudkan semangat gali potensi jangan hanya berpesta akademik saja. Tapi harus juga memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme bagi NKRI,” kata Henggar di depan Paskribraka dan tamu undangan.

Anggota Paskibraka dikukuhkan ini setelah menjalani seleksi ketat dari panitia. Di samping itu mereka menjalani latihan hingga sekitar sebulan lamanya. Rata-rata mereka masih dalam usia produktif. Sehingga diharapkan semangat belajar tak pernah pudar untuk menggapai cita-cita.

Dalam kesempatan tersebut, Henggar mengingatkan bahwasanya pelaksanaan pengibaran bendera mempunyai makna yang dalam. Pasalnya, momen tersebut merupakan simbol negara kesatuan Indonesia merdeka secara utuh dari tangan penjajah.

“Pengibaran bendera ini bukan hanya sekedar seremoni saja. Namun mempunyai arti yang mendalam sebagai wujud ikrar perbuatan tekat kita terhadap negara,” tambah Henggar.

Dengan semangat belajar serta jiwa nasionalisme dan patriotisme itu sebagai harga mahal bagi generasi penerus. Sebab, kata dia bahwa tidak bisa mengesampingkan kaum muda untuk menjalankan serta menerima estafet kepemimpinan nantinya.

“Kelak tongkat estafet berganti yang akan melanjutkan roda pemerintahan adalah kalian generasi muda. Pembangunan, kemajuan berada di pundak kalian,” pungkas Henggar.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Plt Ketua KPU Kabupaten Pati Supriyanto menjawab pertanyaan awak media Previous post Penyesuaian Rasionalisasi, Anggaran Pilkada jadi Rp 40,5 M
Simbolis: tiga narapidana (tengah) menerima remisi HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Next post 180 Napi Lapas Pati Terima Remisi Kemerdekaan, di Antaranya Langsung Bebas Murni
Social profiles