Penyesuaian Rasionalisasi, Anggaran Pilkada jadi Rp 40,5 M

Plt Ketua KPU Kabupaten Pati Supriyanto menjawab pertanyaan awak media

SAMIN-NEWS.com, PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyatakan banyak melakukan rasionalisasi untuk penyesuaian sejumlah kegiatan dengan pembiayaan yang bersumber dari APBD.

Dari rasionalisasi yang dilakukan itu akhirnya didapati Rp 40,5 miliar anggaran untuk pelaksanaan kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pati tahun 2024 mendatang.

Angka tersebut berbeda dengan usulan sebelumnya yang diajukan sebesar Rp 97 miliar. Namun Pemerintah Daerah (Pemda) meminta agar dilakukan rasionalisasi.

Plt Ketua KPU Kabupaten Pati, Supriyanto mengatakan terkait penyiapan pemilihan kepala daerah, pihaknya sudah mengawali di tahun 2022 kemarin. Sebelumnya, KPU mengajukan Rp 97 miliar kepada Pemda untuk pelaksanaan pemilihan K1 dan K2 di Pati tersebut.

“Nah angka Rp 97 miliar itu kan dibahas bersama dengan TAPD. Dan di sana mungkin disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, kemudian mungkin indeks kami terlalu tinggi, ada rasionalisasi kegiatan, maka terjadilah proses dialog dan dinamika,” kata Supri yang ditulis Rabu (16/8/2023).

Permintaan penyesuaian dari Pemda tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh pihak internal KPU. Mengingat banyak pos dan kegiatan yang harus dilakukan pembiayaan dari APBD. Sejumlah anggaran itu telah ditandatangani bersama dengan pemerintah setempat. Selanjutnya akan dibawa kepada DPRD untuk proses pembahasan serta persetujuan bersama.

“Kemarin, kita sudah mentok dan daerah kayaknya mampu mencukupi kebutuhan kami. Kemudian itu disepakati bersama kita tanda tangani berita acara kesepakatan besaran Pilkada 2024,” terang Supri.

“Mekanisme kita ajukan melalui Pemda agar dibahas dengan DPRD. Kesepakatan dengan Pemda totalnya Rp 40,5 miliar. Tapi masih perlu persetujuan dengan dewan, kira-kira seperti itu,” tutup dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati Previous post DPRD Pati Minta Dinsos Bentuk UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak
Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengukuhkan anggota Paskibraka Next post HUT ke-78 Kemerdekaan, Henggar Pesan Tingkatkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme
Social profiles