Geram, Warga Datangi Lokasi Tambang di Pucakwangi

Warga Dukuh Dayu Desa Tanjungsekar mendatangi lokasi tambang meminta segera ditutup

SAMIN-NEWS.com, PATI – Warga Desa Tanjungsekar, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati geram terhadap aktivitas tambang di wilayah setempat. Mereka mendatangi lokasi tambang dan meminta aktivitas tambang itu agar dihentikan.

Kades Tanjungsekar, Irianto menjelaskan setelah mendatangi dan berdialog kepada pelaku tambang. Warga memberi toleransi tidak lebih dari seminggu agar aktivitas itu dihentikan.

“Hasil kesepakatan diberikan waktu lima hari penggalian itu harus selesai. Setelah itu ditutup, jangan sampai ada aktivitas lagi,” terangnya, Senin (21/8/2023).

Menurutnya aktivitas tersebut diperkirakan hampir sebulan. Lokasinya berdekatan dengan pemukiman penduduk, sehingga debu bertaburan terhirup warga. Bahkan, kata dia warganya mengalah sesali nafas.

“Kemarin ada anak yang tidak bisa nafas sehingga dibawa ke rumah sakit. Warga marah, selain berdebu juga mengakibatkan sawah rusak tak karuan. Sudah kami laporkan ke Satpol PP dan Polsek, tapi belum ada tindaklanjut,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, selain melaporkan kepada pihak berwenang pemerintah desa juga sudah pernah menegur pada pihak penambang.

“Pihak desa sudah melakukan peneguran baik oleh karang taruna, RT/RW, tapi tidak dihiraukan. sehingga warga sekitar emak-emak satu pedukuhan Dayu, desa Tanjungsekar turun ke lokasi,” jelas dia.

Sementara Doni, warga setempat menyebut tambang menyebabkan polusi udara. Pihaknya menegaskan yang dirugikan dari aktivitas tambang adalah masyarakat, di mana penambang memperoleh keuntungan tetapi masyarakat yang kena getahnya.

“Sudah ditegur (warga) tapi justru kemarin (aktivitas tambang) sampai maghrib. Mereka dapat uang, kami masyarakat kena dampak dan penyakit. Karena pengerukan hanya berjarak beberapa meter dari pemukiman,” paparnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Warga di Desa Wegil Sukolilo meminta aktivitas tambang dihentikan Previous post Di Tempat Berbeda, Dua Desa di Pati Hari Ini Aksi Tolak Tambang
Bocah yang tidur saat ikuti karnaval pada Senin (21/8/2023) Next post Ikuti Karnaval Grobogan, Bocah Berseragam Polisi Ini Malah Tidur Pulas
Social profiles