Warga Tumpek Blek Meriahkan Kirab Budaya Desa Kedungbulus

SAMIN-NEWS.com, PATI – Warga Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati antusias menyaksikan kirab budaya pada rangkaian acara sedekah bumi atau bersih desa.

Sedekah bumi ini diawali dengan arak-arakan tumpeng dimulai dari balai desa, lalu dibawa keliling. Warga tumpek blek antusias menyaksikan sejumlah kreasi di sepanjang rute yang dilewati.

Sejumlah warga membawa gunungan hasil bumi beraneka jenis. Warga lain yang menonton arak-arakan di desa kedungbulus, mereka pun antusias menyambut penampilan para peserta pawai.

Kepala Desa (kades) Kedungbulus Agus Susanto, saat di wawancarai Samin News mengatakan acara ini sebagai wujud syukur warga atas limpahan rizki. Dan semoga hasil pertaniannya lebih banyak serta berkah.

kirab budaya pada rangkaian acara sedekah bumi atau bersih desa
kirab budaya pada rangkaian acara sedekah bumi atau bersih desa

“Acara ini kami adakan agar di wilayah Desa Kedungbulus bisa lebih baik lagi dalam pertaniannya, gemah ripah loh jinawi. Serta warga juga bisa hidup rukun, tenteram, damai, dan aman sentosa,” kata agus susanto, Sabtu (15/7/2023).

Masih kata Agus, dalam acara kirab ini sebanyak 8 gunungan diarak mengelilingi desa. Menurutnya, kirab budaya ini merupakan rangkaian kegiatan sedekah bumi, sebab masih ada hiburan pertunjukan lain yang akan ditampilkan.

“Masih ada hiburan wayang kulit untuk hari ini dan hari senin ada hiburan kethoprak bhakti kuncoro satu hari satu malam,” terang kades

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Bantuan Air Bersih Oleh BPBD Grobogan di Dusun Kemiri, Desa Depok, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan pada Jum'at (14/7/2023) Previous post Musim Kemarau Tiba, 8 Desa di Grobogan Dikirimi Air Bersih Oleh BPBD
Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin Next post Ada Sinyal Permintaan Peningkatan Insentif RT-RW Terpenuhi
Social profiles