Tekan Angka Kecelakaan, Polresta Pati gelar ‘Kasat Lantas Mengajar’

Satlantas Polresta Pati saat kegiatan Kasat Lantas Mengajar di SMA Negeri 1 Pati,, Kamis (13/7/2023) (Istimewa)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Polresta Pati menggelar kegiatan Kasat Lantas Mengajar di SMA Negeri 1 Pati, Kamis (13/7/2023). Program itu merupakan bagian dari kegiatan pelaksanaan Operasi Patuh Candi oleh Polresta Pati yang berjalan dua minggu mulai 10 s/d 23 Juli 2023.

Operasi tersebut, tidak hanya sebagai penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas dengan sistem E-TLE. Melainkan bentuk kegiatan yang bersifat preemtif edukatif yaitu melalui Kasat Lantas Mengajar.

Peserta kegiatan ini adalah perwakilan dari masing-masing kelas. Para peserta diharapkan dapat meneruskan materi kepada teman-temannya nanti. Di samping itu agar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan.

Supaya para pelajar bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Apalagi kebanyakan kecelakaan lalu lintas didominasi usia produktif, seperti kalangan pelajar,” kata Kasat Lantas Polresta Pati, Kompol Asfauri.

Dia mengungkapkan bahwa Kasat Lantas Mengajar merupakan program Dirlantas Polda Jateng, yang diterapkan di seluruh wilayah Polres/ta/tabes se-Jawa Tengah.

Menurut Asfauri kecelakaan diakibatkan dari faktor personal pengendara kaitannya dengan tak patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas. Maka, melalui para pelajar ini, nantinya bisa mengingatkan teman dan lingkungan di sekelilingnya untuk selalu tertib berlalu lintas.

Pihaknya mengaku program Kasat lantas mengajar ini sangat efektif untuk menanamkan kedisiplinan dalam hal ini adalah saat berlalu lintas kepada generasi mendatang. Asfauri juga mengatakan, Satlantas Polresta Pati akan menggelar secara rutin kegiatan positif ini.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, Abdul Khamid Previous post Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Tiba di Pati 29 Juli
Next post Pemdes Dadirejo Digelontor Rp 120 Juta untuk Bangun Talud
Social profiles