Pemkab Jepara Buka Galeri UMKM di pelabuhan jepara

Kepala diskopuknakertrans samiaji sedang berkunjung digaleri umkm

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Meningkatnya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Jepara akhir akhir ini khususnya Karimunjawa tiap tahunnya menjadi dorongan Pemerintah Kabupaten Jepara dalam hal ini Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) untuk membangun Galeri UMKM Jepara di area Pelabuhan Kartini Jepara. Galeri secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara yang diwakili oleh Kepala Diskopukmnakertrans Samiaji di Galeri UMKM Jepara, Senin, (17/7/2023)

“Ini merupakan amanat dari UU Cipta Kerja dan PP No 20 Tahun 2021 yang mewajibkan BUMN, BUMD, dan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di area bisnis maupun area publik,” kata Samiadji.

Samiadji menjelaskan Galeri UMKM Jepara tersebut melengkapi Kios Oleh-oleh Olahan Ikan yang berada tak jauh dari Pelabuhan Kartini.

Tak hanya makanan dan minuman, di Galeri UMKM Jepara juga menyediakan produk fashion seperti tenun Troso, batik Jepara, hingga monel.

“Walaupun tempatnya agak kecil, saya harap ini menjadi semangat kita untuk memasarkan produk Jepara. Tidak hanya mebel yang sudah mendunia, namun kita harap produk UMKM Jepara juga bisa mendunia,” ungkapnya.

Dalam setahun terakhir, 50 ribu wisatawan baik dalam dan luar negeri mengunjungi Karimunjawa melalui pelabuhan kartini. Sehingga menurut Samiadji ini merupakan peluang besar untuk dimaksimalkan pengusaha umkm dan pengelola Galeri UMKM Jepara.

Dirinya berpesan agar para pelaku UMKM untuk terus berinovasi tanpa henti sebab peluang yang ada sudah terbuka lebar.

Samiadji menyampaikan produk yang masuk ke dalam galeri harus melalui tahap kurasi, baik dari segi perizinan, kualitas produk, hingga kemasan. Hal tersebut dilakukan agar kemampuan galeri yang terbatas untuk menampung produk UMKM se-Jepara. Selain itu, pihaknya ingin memastikan produk yang dipasarkan benar-benar memiliki kualitas yang baik untuk disampaikan kepada konsumen.

Dengan adanya proses tersebut juga diharapkan para produsen berlomba-lomba untuk menaikkan kualitas produk mulai dari proses administrasi usaha hingga pemasarannya. Sebab menurutnya masih banyak terdapat UMKM yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha serta sertifikasi-sertifikasi yang diperlukan.

“Kami informasikan hingga akhir Juli ini ada sertifikasi halal gratis, silakan dimanfaatkan,” pesannya.(CH/RD)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Berlangsung rapat paripurna DPRD Kabupaten Pati, Senin (17/7/2023) Previous post Pendapatan Daerah Tahun Depan Ditarget Rp 2,4 Triliun
Lokasi kecelakaan antara pengendara motor Honda Beat dan Honda Vario di Jalan Raya Tlogotirto Grobogan Next post Kecelakaan Antara Honda Beat dan Honda Vario di Grobogan, Satu Alami Luka di Kepala
Social profiles