Jalan Menuju Venue Dayung di Gembong Diperbaiki

Jalan Pati Gembong akan diperbaiki untuk persiapan venue Dayung Porprov

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jalan menuju Waduk Seloromo Gembong bakal mulai diperbaiki melalui progam nasional usulan perbaikan jalan dari instruksi presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Rencananya perbaikan akan dimulai Kamis (27/7) besok.

Waduk Seloromo Gembong itu nanti akan digunakan sebagai venue cabang olahraga (Cabor) dayung pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah. Tahun 2023 ini Pati raya menjadi tuan rumah perhelatan kompetisi olahraga bergengsi tersebut.

Plt Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati, Hasto Utomo menjelaskan keterangan dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) kini penyedia jasa penggarap perbaikan ruas jalan Pati Gembong itu sudah dipilih.

Rencana yang segera dikerjakan dalam minggu ini inpres jalan yang menuju Waduk Seloromo. Karena itu mendesak untuk venue cabang dayung Porprov,” ujar Hasto saat dihubungi pesan singkat.

Sebenarnya Pemkab Pati melalui DPUTR, pada awal tahun ini mengusulkan 13 ruas jalan kepada Kementerian PUPR. Tetapi setelah proses verifikasi akhirnya 7 di antaranya ditetapkan menjadi prioritas ditangani oleh pemerintah pusat. Satu dari tujuh prioritas itu adalah perbaikan jalan di Pati Gembong.

Porprov nanti akan dilakukan selama seminggu, mulai tanggal 5 sampai 11 Agustus 2023. Sehingga ketika pelaksanaan jalan akses menuju venue selesai dikerjakan.

“Kami juga meminta dipercepat karena jalan yang dibutuhkan untuk porprov seperti jalan pati gembong untuk akses venue dayung akan segera dimulai kegiatannya,” jelasnya.

Terpisah, sebelumnya Plt Kepala DPUTR Pati, Riyoso menyebut skema pengajuan perbaikan jalan kepada pusat itu lantaran keterbatasan anggaran daerah tak mampu mengcover semua biaya kebutuhan.

Jadi daerah anggarannya terbatas. Dari program Inpres itu dikerjakan pusat. Sementara akses menuju waduk untuk dayung Porprov itu sudah kami sampaikan sebelum pelaksanaan 5 Agustus agar selesai,” papar dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi kerusakan di salah satu jalan di Kabupaten Pati Previous post Usulan Inpres Disetujui, Tujuh Ruas Jalan Daerah Segera Diperbaiki
Kegiatan verifikasi Lanjutan Kabupaten Sehat di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (26/7/2023) Next post Verifikasi Lanjutan Kabupaten Sehat, Disdagperin Sebut Sediakan Ruang Laktasi di Lingkungan Pasar
Social profiles