Usulan Inpres Disetujui, Tujuh Ruas Jalan Daerah Segera Diperbaiki

Ilustrasi kerusakan di salah satu jalan di Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Usulan perbaikan jalan rusak milik Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui program Instruksi Presiden (Inpres) kepada pemerintah pusat telah disetujui. Ada tujuh ruas jalan yang nantinya segera diperbaiki.

Sebagaimana diketahui Presiden Joko Widodo menerbitkan Inpres Nomor 3 Tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah. Melalui Inpres itu perbaikan jalan rusak akan ditangani oleh pusat.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati, Hasto Utomo. Dia menyatakan kini penyedia jasa konstruksi tengah diseleksi pusat. Kemudian pekan ini juga rencananya akan segera dimulai.

“Kemarin saya telepon ke balai jalan (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) dan infonya minggu ini sudah pemilihan penyedia,” ujar Hasto, kemarin.

Dia menjelaskan sebagai pihak penyedia jasa dipilih dari Kementrian PU. Menurutnya pemerintah daerah hanya sebatas mengusulkan ruas jalan yang perlu mendapat penanganan. Mekanisme Inpres itu, yang mengerjakan adalah dari atas.

Sebelumnya, DPUTR Pati mengusulkan 13 jalan rusak. Tetapi lantas tidak semua disetujui. Ada 7 di antaranya yang menjadi prioritas dengan kondisi rusak parah imbas dari perbaikan jalan Pantura. Program nasional ini meringankan beban daerah, karena ditanggung anggaran negara.

“Untuk tahap atau batch 1 itu ada 7 titik. Mulai jalan Pati Gembong, Pati Gabus, Gabus Winong, Gabus Tambakromo, Jakenan Jaken, Jaken batas Blora dan Jaken Batangan,” terang Hasto.

Perbaikan sejumlah ruas jalan itu mencapai sekitar Rp 67 miliar. Dari anggaran puluhan miliar ini digunakan untuk memperbaiki jalan di Kabupaten Pati yang belum tercover oleh APBD.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Polisi menindak pengguna knalpot brong (Istimewa) Previous post Hati-hati, Knalpot Brong Jadi Atensi Bakal Dicegat Polisi
Jalan Pati Gembong akan diperbaiki untuk persiapan venue Dayung Porprov Next post Jalan Menuju Venue Dayung di Gembong Diperbaiki
Social profiles