Sekum PP Muhammadiyah: Memilih Caleg 2024 Jangan yang Hanya Berdasarkan Isi Tas

Foto: Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti saat ditemui di RS Sarkies Aisyah Kudus beberapa waktu yang lalu

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Menjelang menghadapi tahun politik 2024, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti meminta kepada partai politik di Indonesia dalam mencalonkan anggota legislatif harus memiliki integritas yang kuat dan berkapasitas.

“Kami berharap untuk parpol dapat mencalonkan para anggota legislatifnya yang punya integritas dan kapasitas. Jangan hanya mempertimbangkan mereka yang punya isi tas. Sehingga kualitas anggota legislatif itu dapat ditingkatkan,” ungkapnya, seusai ditemui di RS Sarkies Aisyah Kudus beberapa waktu yang lalu.

Selain itu untuk peranan Muhammadiyah dalam 2024 masih ‘Wait and See’. Pihaknya tentunya memberikan kesempatan dan memberikan dukungan kepada parpol untuk melaksanakan tugas konstitusionalnya dalam mencalonkan Presiden dan Wakil Presiden.

“Kewenangan itu ada pada parpol. Muhammadiyah sebagai organisasi Islam gerakan dakwah tak punya kewenangan apapun menyangkut yang akan menjadi presiden dan wapres,” ujarnya kepada Samin News.

Akan tetapi terkait tahun politik 2024, pihaknya melihat bahwa peranan parpol sangat penting dan strategis. Bahkan, sangat menentukan masa depan bangsa dan negara. Sebab, parpol punya kewenangan konstitusional untuk mencalonkan anggota legislatifnya.

“Dan caleg itu punya kewenangan yang sangat besar, tak hanya konteks penyusunan produk legislatif tapi juga memiliki pengawasan atas penyelanggaraan negara,” tuturnya.

Namun hal itu tentunya banyak evaluasi dalam pengamatan pihaknya atas kualitas anggota legislatif di periode tahun politik 2019, yang memang memiliki banyak catatan terkait kapasitas, integritas yang kaitannya dengan tugas anggota legislatif.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Pelaksanaan Rapat Pansus III DPRD Kabupaten Kudus Previous post Usai Publik Hearing, DPRD Perbolehkan Bangunan di Kudus Menjulang Tinggi
Foto: Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti saat ditemui di RS Sarkies Aisyah Kudus beberapa waktu yang lalu Next post Sekum PP Muhammadiyah Harap Pilpres 2024 Bisa Diikuti Tiga Paslon
Social profiles