Jaran Kepang hingga Barongan Ramaikan Sedekah Bumi Karangsari

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejumlah kesenian tradisional memeriahkan kegiatan sedekah bumi di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati, Selasa (6/6/2023). Di antaranya adalah kesenian Jarang Kepang dan Barongan menghibur warga Karangsari dan para penonton yang datang.

Selain dua kesenian tersebut, kegiatan tahunan ini juga menampilkan kesenian lain. Mulai dari tongtek, gamelan, tarian kelompok yang ditampilkan dari masing-masing dukuh desa setempat.

Kades Karangsari, Asroruddin mengatakan sedekah bumi dirayakan setiap tahun. Di samping itu sebagai wujud ungkapan rasa syukur warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas karunia keberlimpahan nikmat rezeki yang diberikan.

Menurutnya, penampilan sejumlah kesenian itu digelar untuk memeriahkan kegiatan. Selain itu, yang lebih penting lagi adalah bagaimana kesenian dan tradisi tersebut dijaga.

“Kemudian kesenian itu tujuannya untuk nguri-uri tradisi budaya harus dijaga. Kesenian ini ditampilkan per dukuh,” katanya.

Asroruddin menyebut dalam kegiatan ini sedikitnya terdapat 10 kesenian yang ditampilkan. Kegiatan semakin meriah lantaran dikonsep dengan perlombaan, adapun juara pertama pemenang akan mendapat uang senilai Rp 2,5 juta, juara kedua Rp 2 juta, dan juara ketiga Rp 1,5 juta.

Warga tumpah ruah memadati pinggir jalan desa. Gunungan diiring mulai dari rumah Kades, lalu ke balaidesa, memutar dan berakhir di rumah kades lagi. Di sini para kelompok diberi waktu untuk menunjukkan penampilannya.

Penampilan kesenian jaranan meriahkan kegiatan sedekah bumi di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati, Selasa (6/6/2023)
Penampilan kesenian jaranan meriahkan kegiatan sedekah bumi di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati, Selasa (6/6/2023)

“Semoga dengan kegiatan sedekah bumi ini masyarakat bisa hidup rukun, terwujudnya kebersamaan, ketentraman itu,” harap dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Polisi RW Diluncurkan, 606 Personel Polresta Pati Terlibat
Warga berebut gunungan hasil bumi saat sedekah bumi desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal Pati, Selasa (6/6/2023) Next post 2 Ribu Tlandik Usai Didoakan Langsung Diserbu Warga
Social profiles