2 Ribu Tlandik Usai Didoakan Langsung Diserbu Warga

Warga berebut gunungan hasil bumi saat sedekah bumi desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal Pati, Selasa (6/6/2023)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setidaknya 2 ribu tlandik atau nasi berkat usai dibacakan doa di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati langsung diserbu warga. Pembacaan doa tersebut dipusatkan di Punden Gili Malang desa setempat, Selasa (6/6/2023). Kegiatan ini untuk merayakan sedekah bumi.

Kepala Desa Jrahi Miko Adi Setyawan mengatakan, rangkaian kegiatan sedekah bumi sudah dimulai sejak sehari sebelumnya atau Senin (5/6/2023). Puncak kegiatan digelar Selasa hari ini dengan arak-arakan hasil bumi dan karnaval budaya.

“Acara ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang didapatkan. Ada 2 ribu lebih tlandik yang terkumpul, dikumpulkan dari masing-masing keluarga dengan membawa dua buah. Lalu hajatan dan tandik didoakan,” katanya usai kegiatan.

Berkat tersebut dikumpulkan dari setiap keluarga, lalu dikumpulkan ke rt masing-masing kemudian dibawa ke punden. Selain itu, gunungan hasil bumi mulai buah jambu, kopi, ketela juga turut diarak keliling desa.

Dia melanjutkan, nasi tlandik atau berkat itu mempunyai barokah. Dia mengatakan, bahkan nasi dari tlandik yang tercecer juga diambil. Ini yang menjadikan bahwa warga meyakini akan berkah dari tlandik yang telah didoakan.

Pihaknya menambahkan bahwa sedekah bumi di Desa Jrahi setiap tahun digelar di bulan Apit (dalam kalender jawa). Kegiatan ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan, juga sebagai sarana mendoakan para pendahulu danyang desa.

“Syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang diberikan. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghidupi warga desa. Kita juga memberikan penghormatan kepada leluhur yang mengawali desa Jrahi,” ujarnya.

Di sisi lain, Majid warga Wedarijaksa mengaku rela datang cukup jauh ke Desa Jrahi untuk menyaksikan dan bisa mendapat tlandik. Dia mengatakan, biasanya sisa nasi tlandik membawa berkah untuk tanaman.

“Bahkan nasi tlandik yang dikeringkan. Nantinya disebar ke tanaman petani. Masyarakat yakin jika disebar, tanamannya subur dan hasilnya juga melimpah,” ucapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Jaran Kepang hingga Barongan Ramaikan Sedekah Bumi Karangsari
Foto: Puluhan orang saat mengikuti pembagian hadiah Next post BRI Kudus Beri Hadiah ke Nasabah Simpedes
Social profiles