Polisi RW Diluncurkan, 606 Personel Polresta Pati Terlibat

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 606 personel Polresta Pati dilibatkan dalam program polisi RW. Sejumlah anggota tersebut nantinya disebar ke 1.490 RW yang tersebar di 406 desa/kelurahan di Kabupaten Pati sebagai Polisi RW. Berdasarkan perhitungan setiap polisi akan bertanggungjawab 3 sampai 4 wilayah RW.

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama mengatakan polisi RW dibentuk untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal ini juga sebagai bagian dari upaya mendekatkan diri pada masyarakat.

“Setiap permasalahan yang terjadi sehingga dapat direspon cepat dan diselesaikan secara bersama, dengan kehadiran Polisi RW. Polisi RW juga mendekatkan kepada masyarakat, kaitannya dalam pelayanan, perlindungan dan pengayoman,” ujarnya.

Dia menyebut Polisi RW merupakan program Kabaharkam Polri sebagai wujud pembinaan masyarakat yang prediktif. Terlebih dalam tugasnya yaitu mencakup di lingkungan RW.

Andhika melanjutkan, bahwa pembentukan Polisi RW ini sesuai dengan Instruksi Kapolri yaitu untuk mengikis stigma polisi bahwa ada jarak dengan masyarakat. Selain itu, juga meningkatkan kepercayaan masyarakat kaitannya dengan perspektif negatif masyarakat terhadap Polri dalam penegakan hukum.

“Para Polisi RW ini nantinya harus bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengidentifikasi pemasalahan kamtibmas di lingkungan setempat serta menemukan pemecahan masalahnya,” Andhika menjelaskan.

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama memimpin apel peluncuran Polisi RW, Senin (5/6/2023)
Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama memimpin apel peluncuran Polisi RW, Senin (5/6/2023)

Tak hanya itu, dia menekankan bagi anggotanya tersebut bersama masyarakat harus mampu mengatasi masalah sosial, dengan tindakan preemtip dan preventif, untuk menghindarkan masalah gangguan yang terjadi.

“Dibentukanya Polisi RW masyarakat lebih dengan dengan Polisi, sehingga dapat diambil tindakan yang tegas dan cepat untuk mengatasi sehingga tidak perlu lapor ke Polsek dan Polresta,” harapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 5 juni 2023
Next post Jaran Kepang hingga Barongan Ramaikan Sedekah Bumi Karangsari
Social profiles