UMKU dan AIPNI Jateng Gelar Pelatihan Penguji OSCE Pertama kali di Jawa Tengah

0
Foto: UMKU dan AIPNI Jateng Gelar Pelatihan Penguji OSCE (istimewa)
Foto: UMKU dan AIPNI Jateng Gelar Pelatihan Penguji OSCE (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Universitas Muhammadyah Kudus (UMKU) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Jawa Tengah selenggarakan Pelatihan Penguji Uji Kompetensi Ners dengan metode Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Pelatihan tersebut berlangsung selama 5 hari, yang dimulai secara daring pada tanggal 19-20 Mei dan 22 Mei 2023. Kemudian secara luring berlangsung dari tanggal 23 Mei hingga 24 Mei 2023 bertempat ruang Serbaguna UMKU. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dari dosen atau penguji OSCE.

Diketahui OSCE digunakan sebagai metode penilaian untuk menilai kemampuan klinis mahasiswa secara terstruktur yang spesifik dan objektif dengan serangkaian simulasi dalam bentuk rotasi stase dengan alokasi waktu tertentu.

Selain itu kegitan ini menghadirkan Trainer atau fasilitator expert dari AIPNI Jawa Tengah yaitu Dr. Ns. Yunie Armiyati, Ns. Nurullya Rachma, dan Ns. Sukarno. Untuk pemateri diisi juga oleh Dr. I Made Kariasa dari AIPNI Pusat.

Materi yang diexplore antara lain konsep dan struktur penyelenggaraan uji OSCE, Pengembangan (Item Develepment) soal OSCE, rubrik penilaian, Review soal OSCE, dan Praktik Penyelenggaraan ujian OSCE.

Ketua Pelaksana Pelatihan sekaligus Dekan Fakultas Keperawatan Indanah, M.Kep. Ns. Sp.Kep. An. dalam laporannya menyebut pelatihan ini diikuti sebanyak 35 Orang peserta dosen dari Universitas Muhammadiyah Kudus baik dosen dari akademik, maupun background klinik yaitu dari RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, RSUD RA Kartini Jepara, RSUD Grobogan, dan RS Fastabiq Pati.

Sementara itu, Ketua AIPNI Regional VII Jawa Tengah Dr. Ns. M. Fatkhul Mubin, M.Kep., Sp.Kep.J. dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan pelatihan penguji OSCE pertama yang berada di regional Jawa Tengah yang juga bekerjasama dengan institusi Perguruan Tinggi UMKU

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini akan dapat menambah SDM terkait Penguji OSCE utamanya di wilayah Jawa Tengah.

Terpisah, Rektor UMKU Dr. Ns. Rusnoto, M.Kes (Epid) dalam sambutannya memberikan apresiasi positif atas berlangsungnya kegiatan pelatihan OSCE.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kolaborasi UMKU dengan AIPNI, semoga outputnya dapat menambah meningkatkan kualitas SDM,” pungkasnya.