1.541 Calon Jemaah Haji Asal Pati Akan Berangkat Tahun Ini

Calon jemaah haji mengikuti konsolidasi kloter di Hotel Pati, kemarin

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 1.541 calon jemaah asal Kabupaten Pati akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah mulai tanggal 15 Juni 2023. Calon jemaah haji asal Pati dikelompokkan ke dalam 5 kloter. Hal ini diungkapkan Kasi Penyelenggara Haji Umrah (PHU) Kemenag Pati, Abdul Hamid usai konsolidasi kloter di Hotel Pati, kemarin.

Jemaah haji asal Pati pada tahun ini, dikatakan lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Karena kata dia kebetulan saat itu masih pandemi Covid-19, sehingga hanya sebanyak 671 jemaah yang diberangkatkan.

“Kita mempunyai jemaah haji total sementara ini 1.541 orang, tetapi (angka ini) tidak menutup kemungkinan masih akan bergerak,” ujar Hamid.

Menurutnya, angka tersebut masih dinamis lantaran ketika ada jemaah yang mundur atau batal, maka jemaah cadangan nantinya yang akan dinaikan. Hamid menyebutkan ada sejumlah faktor yang akhirnya menyebabkan dinyatakan mundur tidak bisa diberangkatkan.

Dari data awal ada 1.374 calon jemaah reguler yang akan diberangkatkan. Namun, ketika pihaknya mengundang yang bersangkutan ternyata belum melakukan pelunasan. Misalnya, seperti karena wafat, sakit, lantaran studi, hingga menunggu mahramnya.

Selanjutnya, ada juga belum milakukan pelunasan lantaran ekonomi bahkan tidak terlacak (Mafqud). Pihaknya mengaku sudah mendatangi alamatnya, tetapi sudah pindah. Disebutkan ada calon mafqud, masing-masing 2 dari Tambakromo sisanya dari Sukolilo.

Akhirnya calon jemaah yang seharusnya berangkat tahun ini lantaran berbagai faktor tersebut kemudian dialihkan kepada jemaah cadangan.

“Yang kosong-kosong itu kita ganti dengan jamaah cadangan, ternyata jamaah cadangan yang mau melakukan pelunasan jauh lebih besar. Sehingga dari angka 1.374 awal hari kita mempunyai jamaah 1.541,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Foto: UMKU dan AIPNI Jateng Gelar Pelatihan Penguji OSCE (istimewa) Previous post UMKU dan AIPNI Jateng Gelar Pelatihan Penguji OSCE Pertama kali di Jawa Tengah
Salah satu spanduk yang bertuliskan "Mohon Doa Restu dan Dukungan" di Kabupaten Pati Next post Belum Ada Tindakan soal Spanduk Bacaleg Bertebaran di Pinggir Jalan
Social profiles