PPDB SMP di Pati Mulai Dibuka Hari Ini

Kasi Kurikulum Bidang Pembinaaan SMP Disdikbud Kabupaten Pati Adi Prasetyo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMP di Kabupaten Pati sudah mulai dibuka. PPDB dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai 15 Mei sampai tanggal 17 Mei 2023.

Kasi Kurikulum Bidang Pembinaaan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati Adi Prasetyo mengatakan PPDB SMP dilakukan secara online untuk 49 sekolah reguler.

“Mekanismenya masih sama seperti tahun lalu PPDB dilakukan online, sementara yang swasta offline. Peraturannya masih sama,” kata Adi di ruangannya, Senin (15/5/2023).

Dia menjelaskan ada 4 jalur dalam penerimaan PPDB SMP di Kabupaten Pati. Di antaranya melalui jalur zonasi, afirmasi, mutasi serta prestasi.

Menurutnya yang membedakan zonasi dengan tahun sebelumnya adalah untuk tahun 2023 ini yaitu cek lokasi dengan google maps oleh calon peserta didik. Sedangkan tahun sebelumnya zonasi diukur berdasarkan jarak berapa kilometer dari tempat sekolah yang dituju.

Sedangkan jalur afirmasi calon peserta didik harus masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Berdasarkan informasi yang diterimanya ada ribuan peserta didik di Pati yang belum masuk ke DTKS.

“Afirmasi sekarang tidak hanya menggunakan KIP, tetapi juga masuk di DTKS yang bisa meminta ke Dinas Sosial dengan membawa KK (Kartu Keluarga). Dari laporan Dinas Sosial ada 5000-an nama yang tidak sinkron di sana (Dinas Sosial),” jelasnya.

Persentase PPDB SMP, masih kata dia tidak ada perubahan dengan jumlah tahun lalu. Pembagiannya zonasi paling banyak 60 persen, afirmasi 15 persen, mutasi atau perpindahan orang tua 5 persen, dan jalur prestasi terhitung 20 persen.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post ASTI Menjuarai Bupati CUP di Tegal
Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati Supriyanto Next post Partai Buruh dan Garuda Dipastikan Tak Ikut Pileg
Social profiles