Karnaval Desa Pakis Sempat Bikin Kemacetan Jalan Pati-Tayu

Gunungan hasil bumi yang dihias diarak saat karnaval di Desa Pakis

SAMIN-NEWS.com, PATI – Karnaval sedekah bumi di Desa Pakis, Kecamatan Tayu Kabupaten Pati sempat membuat lalu lintas di jalan Pati-Tayu macet. Kemacetan itu terjadi lantaran rute arak-arakan peserta karnaval sebagian melintasi jalur utama tersebut. Sehingga kendaraan dari arah selatan maupun sebaliknya dilakukan penutupan sementara.

Kepala Desa Pakis, Subiyanto mengatakan Sedekah Bumi tahun 2023 ini digelar meriah. Karena, menurutnya sedekah bumi tahun sebelumnya sempat ditiadakan lantaran Covid-19.

Dalam karnaval ini ada 7 buah gunungan yang dibawa oleh masing-masing dukuh. Kemudian diikuti mulai dari anak-anak TK, SD SMP, dan semua lapisan masyarakat dengan berbagai hiburan musik dan sound system.

“Acaranya meriah soalnya tahun kemarin karena Covid-19 tidak ada. Sedekah Bumi ini kami adakan setiap tahun sebagai wujud syukur kita kepada Tuhan,” katanya.

Sementara untuk mengatur lalu lintas jajaran kepolisian dan koramil Tayu turun tangan mengatur kendaraan. Pihaknya mengalihkan khusus kendaraan yang besar ke jalur Tayu-Juwana. Sementara jalur utama masih bisa dilalui kendaraan yang kecil.

“Kendaraan yang besar dialihkan di pertigaan Kedungsari, tetapi kendaran yang kecil bisa melalui jalur utama, jadi tidak ada penutupan melainkan peralihan sementara,” kata Kapolsek Tayu Iptu Aris Pristianto.

Aris menjelaskan, pihaknya mengerahkan 12 personel anggotanya dan dibantu 8 personil dari koramil Tayu. Menurutnya, kegiatan karnaval mulai pukul 13.00 sampai selesai itu tidak ada kendala baik warga pakis sendiri maupun pengendara yang sedang lewat.

Kendaraan besar sempat tidak bisa melintas di jalan Pati-Tayu karena karnaval Desa Pakis Kecamatan Tayu
Kendaraan besar sempat tidak bisa melintas di jalan Pati-Tayu karena karnaval Desa Pakis Kecamatan Tayu

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah kendaraan besar baik dari selatan dan utara ditambah lagi truk muatan tebu harus menunggu cukup lama untuk untuk melintas. Kendaraan harus menunggu sampai karnaval selesai.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ulang Tahun ke-60 SMP N 3 Pati, Ruqayah: Tahun yang Gemilang
Next post Korupsi dan Kepentingan Publik, Oleh : Pudjo Rahayu Risan
Social profiles