APBD Meningkat, Ketua DPRD Kudus: Harus Diserap Secara Maksimal

Foto: Ketua DPRD Kabupaten Kudus Masan saat ditemui beberapa waktu yang lalu

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – DPRD Kabupaten Kudus menyebut bahwa perbaikan infrastruktur tahun ini sudah cukup banyak dikerjakan oleh pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur di Kudus yang saat ini tengah gencar dilakukan.

Ketua DPRD Kabupaten Kudus Masan mengatakan bahwa dalam pembangunan infrastruktur yang bersumber dari dana cukai itu sudah tampak terlihat meskipun secara persentasenya belum begitu terlihat.

Dia menjelaskan untuk dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), karena pendapatan Kabupaten terus Kudus meningkat maka belanja infrastruktur juga turut meningkat.

“Tahun 2024 ini insyaallah target kita mayoritas jalan di kabupaten sudah dalam kondisi baik dan nyaman digunakan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Pihaknya menyebut pasca era pandemi Covid-19 yang melanda beberapa tahun lalu, setiap daerah tentu memiliki kekurangan APBD. Sebab anggaran tersebut banyak terkuras dan dialihfungsikan untuk menangani pandemi.

“Setelah pandemi itukan kita lakukan pemulihan ekonomi, recovery, nah sekarang karna Covid-19 sudah sangat turun, kita fokus lagi untuk bagaimana penataan infrastruktur yang ada di kabupaten Kudus,” paparnya.

Masan melanjutkan bahwa baik dari anggaran murni, perubahan 2024 nantinya, targetnya ialah ada peningkatan untuk belanja infrastruktur.

“Kami targetkan untuk pembenahan dan pemeliharaan infrastruktur seperti lampu penerangan jalan, jembatan, jalan berlubang, drainase, termasuk identifikasi sekolah yang rusak,” ucapnya.

Dengan jadwal yang sudah direncanakan dengan matang melalui APBD yang sudah ditetapkan sejak bulan November setiap tahunnya, diharapkan mencapai hasil yang maksimal nantinya.

“Selama anggarannya ada dan programnya baik kan tidak apa-apa. Jadi kalau programnya baik, bisa membantu masyarakat dan itu ada anggarannya ya tidak masalah,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Penanda tanganan peresmian Pondok Pesantren Al Hidayah Kudus oleh Wamenag Dr H Zainut Tauhid Sa'adi beberapa waktu yang lalu Previous post Wamenag RI Resmikan Gedung Asrama Santri Putra Ponpes Al Hidayah Kudus
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati Ratri Wijayanto Next post Diskominfo Pastikan Korupsi BTS Bakti Kominfo tak Berpengaruh di Pati
Social profiles