Lomban di Tayu Tahun Ini Digelar Meriah

Pelarungan sesaji di Sungai Silugonggo Tayu tahun lalu

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pekan Syawalan atau pesta Lomban pasca lebaran Idul Fitri di Tayu tahun ini disebut bakal lebih meriah dibanding dengan sebelumnya lantaran ada pandemi Covid-19 yang digelar secara sederhana. Tetapi berbeda halnya kali ini dilakukan normal dan banyak kegiatan di dalam.

Kepala Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu Sulistiono mengatakan, Lomban akan dilaksanakan hari Minggu, (30/3) mulai pukul 08.00 WIB. Di mana akan dimeriahkan berbagai kegiatan, seperti karnaval, acara larungan sesaji, festival pasar malam serta hiburan musik.

Dia menjelaskan karnaval nanti mengambil rute mulai dari Balaidesa Sambiroto berakhir di TPI. Kaitannya dengan larung sesaji jumlahnya ada 3, masing-masing Kepala Kerbau dan Kambing dipersiapkan khusus oleh panitia yang nantinya akan dihanyutkan di muara laut.

“Nanti ada 3 sesajen kepala kerbau dan kepala kambing beserta kakinya akan dilarung ke muara laut Tayu,” ujarnya, Jumat (28/4/2023).

Sulistiono mengatakan bahwa Lomban sudah menjadi tradisi di Tayu setiap tahunnya. Menurut dia di tahun-tahun sebelumnya tidak ada kegiatan, sementara tahun ini sudah longgar jadi bisa menggelar kegiatan.

Kendati demikian, pihaknya mengeluh bahwa tradisi Lomban kurang dukungan pendanaan dari berbagai pihak. Anggaran yang dipakai untuk acara ini hanya diperoleh dari iuran UMKM di sekitaran Alun-alun Tayu.

Sementara itu, pihaknya menuturkan Lomban Tayu rencananya akan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dan Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama.

Kapolsek Tayu Iptu Aris Pristianto menambahkan pihaknya akan melakukan pengamanan, penjagaan serta pengaturan lalu lintas. Karena menurutnya saat lomban pastinya akan banyak masyarakat sekitar berkunjung dan turut menyaksikan.

“Banyak masyarakat yang memadati rute karnaval kirab Lomban sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas, antusias masyarakat yang hendak naik perahu, serta beresiko terjadinya benturan antar kapal,” jelasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 27 April 2023
Jalan Dukuhseti Tayu sebelum lebaran saat rusak Next post DPUTR Pati Masih Terus Perbaiki Jalan Rusak
Social profiles