Jelang Idul Fitri, Petugas Gabungan Gelar Ramp Chek

SAMIN-NEWS.com, PATI – Menjelang lebaran hari raya Idul Fitri 2023, sejumlah instansi terkait terdiri dari Satlantas Polresta Pati bersama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Pati, Dinas Perhubungan Provinsi Jateng melalui BPSPP Wilayah 2 Pati serta Jasa Raharja Perwakilan Pati melakukan ramp check di Terminal Kembangjoyo, Rabu kemarin.

Ini dilakukan untuk inspeksi keselamatan lalu lintas angkutan jalan. Dan memastikan angkutan umum yang digunakan sesuai dengan aturan keamanan yang ditetapkan.

Kasat Lantas Polresta Pati Kompol Asfauri, menjelaskan langkah ini untuk memastikan angkutan laik jalan harus memenuhi persyaratan teknis. Dan memberi rasa keamanan serta kenyamanan bagi penumpang.

“Mencegah terjadinya laka lantas menonjol yang diakibatkan karena persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan yang tidak memenuhi syarat. Oleh sebab itu secara teknis pemeriksaan dilakukan oleh Tim Penguji dari Dishub Kabupaten Pati,” ujarnya.

Dijelaskannya lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 H diprediksi akan terjadi lonjakan pemudik yang signifikan. Bahkan diperkirakan kenaikan jumlah pemudik akan mengalami peningkatan sebesar 45 persen.

Lebih lanjut, peningkatan pemudik tahun ini disebabkan karena pandemi Covid-19 sudah terkendali. Sejalan dengan itu, pemerintah telah melonggarkan aktivitas masyarakat serta tidak memberlakukan PPKM.

“Semoga selama musim mudik dan balik lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 H tidak terjadi laka lantas menonjol yang mengakibatkan korban massal,” harap Kompol Asfauri.

Petugas gabungan saat melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas (ramp chek) di Terminal Kembangjoyo Pati, kemarin
Petugas gabungan saat melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas (ramp chek) di Terminal Kembangjoyo Pati, kemarin

Dengan meningkatnya jumlah pemudik itu berimbas pada kemacetan lalu lintas potensi kecelakaan lalu lintas bahkan potensi terjadinya laka lantas menonjol dengan korban massal juga sangat mungkin terjadi.

Akan tetapi, dengan kegiatan Ramp Check yang dilaksanakan bersama stakeholder terkait itu bisa meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas di saat lebaran Idul Fitri.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Kecelakaan Tunggal di Depan SMA 3 Pati Satu Orang Tewas
Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro (kanan) dan. Kepala Disdagperin (kiri) memantau perkembangan harga Kepokmas Next post Menjelang Lebaran, Pj Bupati Pati Pantau Harga Kepokmas
Social profiles