HUT ke-59, SMP Masehi Kudus Sajikan Gelar Karya Kurikulum Merdeka Lebih Cinta Lingkungan

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – SMP Masehi Kudus tengah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 selama tiga hari, mulai dari Kamis 13 April hingga Sabtu 15 April 2023 yang bertempat di Gedung Aula dan lapangan SMP Masehi Kudus.

Kepala SMP Masehi Margareta Hani Pramono menyampaikan bahwa kegiatan ini bernama SPASHTIV dengan kepanjangan dari SMP Masehi Kudus Festival Vol 1 dengan konsep Restorasi Lingkungan dan Beraksi. Hal ini merupakan suatu ajang memperingati hari ulang tahun sekaligus gelar karya SMP Masehi Kudus.

“Dijelaskan oleh bapak Kepala Disdikpora Harjuna Widodo bahwa ini merupakan puncak proses pembelajaran dikurikulum merdeka yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9,” ujarnya Jumat (14/4/2023).

Sementara itu untuk tema yang diangkat kali ini yakni Go Green, yang mana untuk kelas 7 bertema bangunlah jiwa dan raganya. Mulai dari aktivitas, kegiatan positif dan menghindari bullying. Untuk kelas 8 memanfaatkan barang-barang bekas, dan kelas 9 memanfaatkan barang ramah lingkungan.

“Tema tahun ini bertujuan agar anak lebih cinta terhadap lingkungan. Bahkan didalamnya kami hadirkan tari nusantara, paduan suara, drama musikalisasi, band hingga stand UMKM,” ungkapnya.

Foto: tampak antusiasme siswa-siswi SMP Masehi Kudus dalam gelar karya kurikulum merdeka
Foto: tampak antusiasme siswa-siswi SMP Masehi Kudus dalam gelar karya kurikulum merdeka

Selain itu Margareta menyebut bahwa ada dua spot kegiatan yang berada didalam gedung. Untuk hasil karya anak-anak ditampilkan melalui stand UMKM dan panggung musik. Stand UMKM yang ada ini berkat kerja sama dengan wali murid dan masyarakat sekitar.

“Kami bikin tempat untuk anak dalam mengeskplorasikan bakat dan ketrampilan mereka. Kami juga sediakan kurang lebih 30 stand bagi mereka yang punya usaha, kami berikan tempat untuk berjualan berwirausaha,” katanya.

Selain itu terdapat berbagai lomba-lomba dan workshop yang digelar selama tiga hari dalam acara tersebut, seperti lomba mewarnai, menggambar, lomba menyanyi, lomba cerdas cermat, workshop eco enzyme, workshop cinematography dan workshop ecocraft yang diberikan oleh bank sampah.

“Kami lihat mereka sangat bersemangat. Karena jarang ada kegiatan seperti ini, jadi mereka sangat mempersiapkan hal ini dengan lebih baik,” tuturnya.

Diketahui bersama sebanyak 200 anak juga turut mendaftar yang diikuti dari usia Paud, SD dan SMP. Sedangkan untuk workshop pihaknya memberikan narasumber yang berkualitas, mengingat ini nantinya akan sangat berguna bagi mereka.

Lebih lanjut, untuk SMP Masehi ini dia berharap, pihaknya dapat memberikan sumbangsihnya bagi Kota Kudus terutama dalam bidang pendidikan.

“Harapan kami dengan nilai lite dan IKM yang ada jadi anak bisa lebih cerdas, lebih berkarakter dan beretika nantinya,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Luaskan Eksistensi, IPM Siti Walidah Kudus Berbagi Takjil
Foto: kondisi Alun-alun Simpang Tujuh Kudus (istimewa) Next post Dinas PKPLH Gencar Lakukan Perbaikan Rumput Alun-alun Simpang Tujuh Kudus
Social profiles