Hemat Biaya, Warga ini Bersyukur Dapat Mengikuti Program Mudik Gratis Dari Polres Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Rizky Falihah Lovriani (22) mengaku bersyukur dapat mengikuti program balik mudik gratis dari Polres Kudus. Terlebih untuk arus balik tiket bus jurusan Jakarta sangat mahal menjelang berakhirnya masa libur lebaran.

Pantauan Samin News terdapat dua bus yang terpakir di depan Kantor Polsek Wilayah Kota yang bertuliskan ‘Balik Mudik Gratis Polres Kudus’. Adapun untuk busnya yakni Bus Kalingga Jaya dan New Shantika yang mampu menampung 80 seat kursi.

Terkait hal itu, Rizky Falihah Lovriani yang merupakan pemudik dari Jekulo Kudus mengaku sangat terbantu dengan program yang diadakan Polres Kudus. Sebab harga tiket saat ini mencapai Rp 600 ribu.

“Tiket itu harga normalnya berkisar Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribuan. Tapi saat ini mencapai Rp 600 ribu,” ungkapnya kepada Samin News, Jumat 27 April 2023.

Lebih lanjut, diketahui di lebaran tahun 2023 ini, dia bersama tiga anggota keluarganya mudik menuju ke kampung ayahnya yakni Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

“Total ada empat anggota keluarga yang ikut mudik ke Kudus termasuk saya. Adanya program mudik balik gratis ini jadi lebih hemat. Sebab jika kami harus beli tiket bus, maka kami harus membayar kurang lebih Rp 2,4 juta untuk bisa balik ke Jakarta,” ujarnya.

Dirinya berharap program seperti mudik gratis ini bisa diadakan setiap tahunnya, mengingat dirinya memiliki pekerjaan di Jakarta Selatan.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan, mudik balik gratis yang dilaksanakan pihaknya merupakan wujud implementasi atas perintah Kapolri maupun Kapolda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami juga melaksanakan himbauan dari pemerintah bahwa balik mudik agar dapat menggunakan transportasi umum dalam mengurangi volume kendaraan saat arus balik,” bebernya.

Foto: Kapolres Kudus saat sedang melakukan pemegangan bendera yang menandai pemberangkatan para pemudik
Foto: Kapolres Kudus saat sedang melakukan pemegangan bendera yang menandai pemberangkatan para pemudik

Selain itu untuk kapasitas bus mampu menampung sebanyak 80 seat kursi. Namun untuk yang hadir hanya 76 orang saja, karena 4 orang lainnya membatalkan diri, dan harus balik ke Jakarta dahulu.

“Sebelum itu juga seluruh crew bis sudah diperiksa kesehatannya, termasuk kendaraannya juga sudah cek. Hasilnya baik. Kita juga memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang akan mudik, agar mereka sehat dan fit,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Jalan Dukuhseti Tayu sebelum lebaran saat rusak Previous post DPUTR Pati Masih Terus Perbaiki Jalan Rusak
Next post Amankan Tradisi Syawalan, Polres Demak Terjunkan Ratusan Personel
Social profiles