Bulog Pati Miliki Cadangan 5 Ribu Beras

Kantor Perum Bulog Pati istimewa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Cabang Bulog Pati mengatakan bahwa saat ini masih mempunyai cadangan beras pemerintah (CBP) hingga 5 ribu ton yang disimpan di gudang milik perusahaan BUMN tersebut. Pasokan beras itu disiapkan menghadapi momen lebaran Idul Fitri tahun 2023.

“Di Pati ada 5 ribu ton. Yang jelas stok ini sifatnya dinamis, kita melakukan in dan out. In artinya penyerapan gabah beras dari hasil panen petani gapoktan dan hasil panen mitra kerja kami,” kata Kepala Cabang Bulog Pati Ricky Soesono saat Rakor Ekuinda di Ruang Penjawi Pendopo Pati, Kamis (13/4/2023).

Dari sejumlah cadangan beras yang dimiliki Cabang Bulog Pati tersebut, dikatakan cukup hingga awal lebaran.

Selain pasokan beras CBP, dia menambahkan Bulog juga mempunyai program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Beras atau disebut juga operasi pasar. Pihaknya mengungkap mulai awal tahun sampai saat ini sudah mencapai 6.800 ton beras yang terdistribusi ke masyarakat.

Program dari Bulog itu diharapkan bisa mampu membantu pemerintah daerah dalam rangka untuk pengendalian inflasi. Bahkan, ia mengaku Bulog juga mempunyai program baru untuk memastikan ketersediaan pasokan beras di tengah masyarakat.

“Selain stok itu, kami sampaikan pemerintah juga memiliki program baru yaitu program bantuan pangan beras. Dimana Perum Bulog ditugaskan Bapanas untuk melakukan penyediaan beras,” cetusnya.

Rencananya dia menyebut program ini bisa tersalur ke seluruh kecamatan di Kabupaten Pati diperkirakan bisa selesai antara tanggal 17 – 18 April 2023. Dijadwalkan 3 kali penyaluran. Adapun tahap pertama disalurkan sebelum lebaran ini dan tahap berikutnya menunggu instruksi dari pimpinan pusat.

“Kemarin sudah dilepas Pj Bupati, rencananya insyaallah bisa tersalur ke seluruh kecamatan harapan kami bisa selesai antara tanggal 17 – 18 April,” jelasnya.

“Program bantuan pangan ini tujuannya untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras. Sasarannya untuk di Kabupaten Pati kurang lebih 146 ribu KPM atau setara 1.460 ton dimana setiap KPM mendapat 10 kilogram beras,” tandas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Puluhan pegawai CPNS dan PPPK antre penerimaan SK di kantor BKPP Pati Previous post THR ASN di Pati Cair Hari Ini, Anggarannya Hampir Rp 50 M
Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsosp3akb Pati Tri Haryumi (kanan) saat menyerahkan bantuan dari pemerintah Next post Dinsos Pati Salurkan 2 Jenis Bansos Jelang Lebaran
Social profiles