Bawaslu Demak Gelar Tasyakuran HUT Bawaslu RI Ke-15, Sinergitas Jaga Demokrasi jadi Ikon

Foto: Ketua Bawaslu Demak Khoirul Sholeh bersama jajaran lainnya saat memotong tumpeng

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Menapak usia yang ke-15 tahun, Bawaslu RI mencanangkan penguatan sinergitas dalam pengawasan sebagi upaya mewujudkan demokrasi yang berkualitas. Peringatan hari jadi yang bertema ‘Sinergi mengawasi jaga Demokrasi’ itu secara serentak dilakukan oleh bawaslu kabupaten maupun kota termasuk Bawaslu Demak dengan berbagai kegiatan sesuai kearifan lokal masing-masing.

Untuk Kabupaten Demak peringatan itu disinergikan dengan program rutin posonan di bulan puasa. Program yang sudah tiga tahun ini ditekuni Bawaslu Demak rangka edukasi politik masyarakat. Kegiatan dikemas seharian penuh mulai dari kajian posonan episode terakhir, khataman, patroli kawal hak pilih, dan diakhiri dengan konsolidasi hasil pengawasan penetapan daftar pemilih sementara.

“kami tidak sekedar memperingati hari jadi, karenanya tidak tetap tidak lepas dari visi” Tegas Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Demak.

Menurut khoirul visi bawaslu untuk menjadi lembaga pengawal terpercaya dalam penyelenggaraan pemilu demokratis, bermartabat, dan berkualitas, harus terus menjadi orientasi dalam berbagai aktivitas pengawasan.

Dan untuk mewujudkannya diperlukan dukungan dari semua jajaran pengawas dan stakeholder. “karenanya sinergitas menjadi keniscayaan,” lanjut khoirul.

Khoirul juga memaparkan beberapa upaya Bawaslu yang telah membuahkan hasil karena penguatan sinergitas. Di antaranya penyelesaian ribuan data anomali yang ditemukan pada masa coklit data pemilih.

Melalui sinergitas yang dibangun dengan Dukcapil maupun dengan KPU, akhirnya Dukcapil warga desa Mojosimo dan Tlogopandogan Kecamatan Gajah, serta warga Sidomulyo Kecamatan Dempet bisa bernafas lega, karena data kependudukannya sudah diperbaiki.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post 60 Peserta Lomba Kaligrafi Meriahkan Festival Takjil di Kampung Budaya Piji Wetan
Foto: Tampak Akhmad Kholisun selaku Pemimpin perum Bulog Kanwil Jateng, Sekda Jateng Sumarno, dan Bupati Demak Eisti'anah (istimewa) Next post Perum Bulog Kanwil Jateng Berikan 71 Ribu Bantuan Beras
Social profiles