Tingkatkan Profesionalisme dan SDM Keperawatan, UMKU Adakan Seminar

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan Sumber Daya Manusia Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menggelar seminar yang juga dalam rangka memperingati HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-49, Senin (20/3/2023).

Rektor UMKU Dr Ns Rusnoto menjelaskan, penyelenggaraan seminar keperawatan ini juga dihadiri Ketua DPD PPNI Kudus Masvan Yulianto. Selain itu, digelarnya kegiatan tersebut karena PPNI sudah melalui berbagai perjalanan panjang.

“PPNI merupakan sebuah organisasi profesi Perawat di Indonesia. Hal itu tidak akan mudah dalam menjaga sebuah organisasi yang menjadi wadah bagi warga profesinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, tentunya PPNI akan selalu menjadi garda terdepan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat. Mengingat itu sebagai etos kerja yang harus diaplikasikan dan tuntutan profesionalisme.

Rektor UMKU juga menekankan komitmen Perguruan Tinggi (UMKU) yang bersinergi dengan perawat kilinis dan menciptakan kompetensi SDM perawat untuk memberikan pelayanan yang optimal.

Adapun data dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) tahun 2020 perawat aktif secara STR sebanyak 633.025. Sementara itu, pada tahun 2025 akan menjadi 696.217 yang dihitung secara komulatif.

“Terkait surplusnya tenaga perawat, tentunya juga harus dibarengi bersama penyerapan pendayagunaan sumber daya kesehatan,” jelasnya.

Dr Ns Rusnoto menyebut, bahwa pihaknya siap mengupayakan untuk menjadi yang terbaik dalam menjaga komitmen sebagai pelenggara pendidikan keperawatan dari tingkat S1 hingga profesi ners.

“Upaya tersebut akan dilakukan melalui mekanisme kelimuan yang sangat sejalan dengan perkembangan iptek,” bebernya.

Dia juga menjelaskan, bahwa strategi meningkatkan SDM perawat professional dapat ditempuh melalui penguasaan kompetensi abad ke-21, Skill Pelatihan dan pendidikan profesi, serta manajemen jenjang karir.

Foto: Tampak para peserta menghadiri seminar bertempat di Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) (istimewa)
Foto: Tampak para peserta menghadiri seminar bertempat di Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) (istimewa)

Sementara itu, Ketua DPD PPNI Kudus Masvan Yulianto menjelaskan bahwa, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga menekankan pentingnya profesionalisme dalam pribadi perawat. Dan juga harus mengkonversikan ilmunya menjadi ketrampilan.

“Perawat professional harus selalu menjunjung tinggi integritas dan etika profesi, nilai-nilai professional harus menjadi bagian dan telah menjiwai seseorang yang sedang mengemban sebuah profesi,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Pelayanan di Kantor Cabang BRI Pati Previous post Sabar Sedikit, KUR BRI Pati Segera Disalurkan
Next post Rayakan HUT Ke-15, SMK Duta Karya Kudus Lounching Eduwisata
Social profiles