Rayakan HUT Ke-15, SMK Duta Karya Kudus Lounching Eduwisata

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – SMK Duta Karya Kudus telah melaunching Eduwisata dalam gebyar perayaan HUT ke-15 yang digelar dengan menarik dan meriah selama tiga hari pada tanggal 17-19 Maret 2023 kemarin.

Selain itu, sekaligus menyambut 1 Abad NU dan bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Agenda itu juga dimulai dengan jalan sehat yang diikuti semua dewan guru, staf, siswa-siswa SMK Duta Karya, peserta dari Mts/SMP dan warga sekitar.

Ketua Panitia HUT ke-15 SMK Duta Karya Candra menyampaikan, total peserta yang berpartisipasi berkisar 2000 peserta. Kegiatan dibuka dengan berdoa, jalan sehat bersama dan launching Eduwisata yang paling dinanti.

Agenda tersebut juga dimeriahkan dengan lomba-lomba yang diikuti puluhan peserta berbagai cabang seperti pencak silat, rebana, fashion show, tilawah, dan kegiatan sosial berupa donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Kudus.

“Kami juga menggelar produk Teaching Factory, stand UMKM, dan minum jamu bersama, pentas seni, serta reuni akbar alumni dari angkatan pertama,” katanya.

Prosesi launching Eduwisata sendiri dibuka oleh Kepala Cabang Disdik Wilayah III Jawa Tengah, Sugiyanto, dan dihadiri ketua Yayasan Islam Panca Purnama Kudus, Yahya, Kepala Sekolah SMK Duta Karya, Muhammad Tho’at dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Yuli Kasiyanto dan staff.

Sugiyanto dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi kepada SMK Duta Karya yang telah meresmikan Eduwisata dan berhasil melaksanakan program Direktorat SMK berupa model pembelajaran SMK berbasis produk/jasa.

“Momentum ini diharapkan dapat mendorong kualitas tenaga kerja Indonesia dan peningkatan mutu pendidikan SMK,” paparnya.

Dia menuturkan, usai launching ini diharapkan menjadi alternatif tujuan masyarakat di kalangan pelajar tingkat SD-SMP yang ingin menikmati suasana cafe dengan kopi rempah, kombucha, dan coklat.

Foto: Tampak para peserta dan siswa-siswi mengikuti kegiatan launching Eduwisata
Foto: Tampak para peserta dan siswa-siswi mengikuti kegiatan launching Eduwisata

“Yang paling penting berwisata sembari edukasi. Karena lingkungan merupakan salah satu guru terbaik untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan yang kelak berguna bagi masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Duta Karya Kudus Muhammad Tho’at berharap dengan di launchingnya Eduwisata ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat luas.

“Semoga SMK Duta Karya Kudus tambah maju dan berkah. Serta dapat mengajak anak didik berbudaya baik, disiplin dan peduli lingkungan,” pungkasnya.