Senangnya Siswa PKBM Ikut Kelas Barista Kopi di Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Salah satu siswa yang mengikuti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan berpartisipasi pada kelas barista kopi di Kabupaten Kudus mengaku senang serta dapat menambah ilmu tentang dunia perkopian.

Dwi Muhammad Rifqi yang berasal dari Desa Kaliputu dan mengikuti kelas barista kopi mengatakan, bahwa ia sudah mengikuti tiga kali pertemuan terkait pelatihan tersebut.

“Saya sudah mengikuti kelas ini sebanyak tiga kali pertemuan. Dan kelas ini bagus, saya bisa menambah ilmu seputar dunia perkopian,” ungkapnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, untuk kelas barista kopi kali ini dijelaskan dia bahwa terkait pembahasan materi tentang dasar barista. Kemudian pertemuan selanjutnya tentang pembuatan praktek kopi espreso.

“Yang diajarkan ini ialah pembahasan materi tentang dasar barista. Terus pertemuan kedua tentang praktek bagaimana cara membuat kopi espreso yang benar,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kesukaan hatinya disaat dapat terjun langsung dalam mempraktekkan cara pembuatan kopi espreso. Serta pemberian materi dan penjelasan yang diberikan oleh mentor kelas kopi barista sangat mudah diterima dan menyenangkan.

“Saya senang sekali ketika dapat langsung membuat kopi espreso, ternyata sangat mudah sekali mempraktekkannya. Dan juga pemberian materi mudah diterima,” ujarnya saat ditemui di sela kelas barista kopi.

Dalam pertemuan yang ketiga kali ini bahwa Rifqi sapaan akrabnya mengaku enjoy dan ingin memperdalam tentang ilmu perkopian.

Ketua PKBM Kudus Anna Rita menyebut bahwa selain kelas kopi pihaknya juga menyediakan kelas lain diantaranya pelatihan desain grafis dan juga kelas barista. Bahkan ia dapat menyesuaikan kelas apa yang disukai para pendaftar.

“Pelatihan barista kopi ini diikuti sebanyak 15 anak. Latar belakangnya kebanyakan dari para pekerja. Contoh ada yang bekerja di home industri, dan juga jaga warung,” tandasnya.

Foto: tampak siswa PKBM melihat cara meracik kopi yang baik dan benar
Foto: tampak siswa PKBM melihat cara meracik kopi yang baik dan benar

Dikatakan dia bahwa yang mengikuti kelas kopi ini meskipun kebanyakan pekerja namun mereka memiliki kemauan kuat dan belajar terkait keinginannya mengikuti pelatihan barista.

Anna berharap yang mengikuti kelas kopi barista ini kedepan dapat menyerap ilmu dengan baik dan perlahan dapat membuka lapangan pekerjaan yang baru.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Kepala Desa Jepang Indarto Previous post Kades Jepang Paparkan Materi Perlombaan Desa Dihadapan Bupati Kudus
Ranting Nahdlatul Ulama Desa Jimbaran menggelar Pasar Murah di Balaidesa Jimbaran, Sabtu (1/4/2023) Next post Ranting NU Jimbaran Gelar Pasar Murah
Social profiles