Penerapan KTP Digital Bertahap, Masyarakat Umum Masih Pakai KTP Elektronik

Ilustrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Peralihan penerapan KTP elektronik ke digital masih terus dilakukan bertahap di wilayah Kabupaten Pati. Untuk sekarang ini Identitas Kependudukan Digital (IKD) masih menyasar para pegawai negeri di lingkungan OPD.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati Rubiyono mengatakan, identitas kependudukan digital baru diterapkan bagi kepegawaian OPD dan personel kepolisian. Bagi instansi vertikal lainnya belum tersentuh.

“Penggunaan identitas penduduk digital sesuai petunjuk Mendagri didahulukan untuk OPD sudah semua, instansi vertikal kemarin sudah ke kepolisian. BPS dan KPU belum,” kata Rubi saat dikonfirmasi Samin News, Senin (6/3/2023).

Menurutnya penerapan KTP digital ini dilakukan secara bertahap. Dia menyebut dimulai dari kepegawaian di OPD, kemudian diterapkan ke instansi vertikal seluruhnya.

Setelah itu, kata dia KTP digital menyasar ke sekolah-sekolah yakni bagi guru dan tenaga administrasi dan siswa yang sudah memiliki KTP. Setelah itu baru kemudian menyasar ke masyarakat umum.

“Sementara waktu jika masyarakat mengganti atau mengubah KTPnya itu langsung kami ganti (digital). Tetapi penerapan serentak itu belum, sementara melayani perkantoran dan sekolahan,” ujarnya.

“Penerapan serentak di masyarakat kami belum tahu pastinya kapan, karena kami merujuk pada Dirjen kependudukan,” Rubi melanjutkan.

Untuk saat ini masih menggunakan KTP Elektronik. Perbedaannya antara elektronik dengan digital ini adalah sifatnya yang praktis tidak perlu membawa fisik, lantaran sudah bisa ditunjukkan melalui digital.

“Ke depannya KTP Digital kegunaannya juga untuk pendataan proses Pemilu. Digital lebih simpel, misal pergi ke perbankan maupun ke bandara cukup menunjukkan ini,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Foto: Tehnical Meeting Kejuaraan Bupati Cup 2023 Previous post Teknikal Meeting Menjadi Persiapan Awal Kejuaraan Bupati Cup 2023 di Kudus
Ilustrasi banjir di Kabupaten Pati Next post BPBD Pati Bantu Warga Kirim Makanan Siap Saji
Social profiles