BPBD Pati Bantu Warga Kirim Makanan Siap Saji

Ilustrasi banjir di Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mendirikan dapur umum di depan kantor setempat untuk membantu mendistribusikan bantuan makanan siap saji bagi masyarakat terdampak banjir.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya mengatakan sudah beberapa hari ini pihaknya mengirim bantuan pangan siap saji ke sejumlah kecamatan.

“Sejak hari Sabtu, Minggu dan hari ini pengiriman difokuskan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Jakenan. Bantuan logistik bahan pangan, Sabtu kemarin kita distribusikan ke wilayah Sukolilo meliputi Jongso, Kasiyan, dan Poncomulyo,” ujar Budi, Senin (6/3/2023).

Kemudian di Kecamatan Gabus ke Desa Babalan, Tanjang, Kosekan. Sementara di wilayah Pati bagian utara, dia menyebut dikirim ke Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti. Ini yang berupa bantuan logistik.

Budi menjelaskan, kaitannya persoalan banjir yang disebabkan tanggul jebol, BPBD Pati telah menyiapkan 800 plastik sandbags bagi desa yang membutuhkan.

“Itu yang kami lakukan barangkali belum optimal, tapi kita sudah berdayakan semua potensi yang ada pada kami untuk membantu masyarakat,” terangnya.

Posko pengungsian yang ada saat ini yaitu di Desa Kasiyan Sukolilo kemudian di Doropayung Juwana. Posko di Desa Doropayung dua titik antaranya di balaidesa dan bekas stasiun lama.

“Kemarin kita juga droping bantuan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang terpaksa harus mengungsi sekitar 100 jiwa (di Doropayung),” imbuhnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan ketinggian banjir masih relatif tinggi hingga setengah meter. Namun masyarakat masih bisa beraktivitas dan memilih tidak mengungsi.

“Ketinggian antara 20 – 50 cm, belum banyak yang mengungsi karena masyarakat masih beraktivitas. Penyebab banjir cuaca ekstrim, dan tidak bisa dipungkiri pendangkalan Sungai Silugonggo tidak bisa menampung dari atas Kabupaten Kudus dan akhirnya meluap ke pemukiman,” tandas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Previous post Penerapan KTP Digital Bertahap, Masyarakat Umum Masih Pakai KTP Elektronik
Next post 1.015 Bungkus Makanan Siap Saji Dibagikan
Social profiles