Lapas Pati Kedatangan 1 Napiter asal Rutan Cikeas

Mobil yang digunakan mengantar Napiter IS asal Rutan Cikeas di Lapas Kelas IIB Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Narapidana Terorisme (Napiter) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati tambah satu orang lagi. Sebelumnya hanya terisi 1 orang, kini menjadi 2 orang Napiter yang mendekam di dalam Lapas.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIB Pati Kasno mengatakan bahwa Napiter kedua ini berinisial IS baru masuk pada Rabu 15 Maret 2023 sekitar pukul 16.00 WIB. IS sebelumnya menjalani hukuman di Rutan Cikeas.

“IS ini Napiter pindahan dari Rutan Cikeas, dia terlibat dengan jaringan teroris organisasi JI (Jamaah Islamiyah) Lampung. Di tangkap sekitar dua tahun lalu pada 12 Desember 2020,” ucap Kasno.

Dikatakannya bahwa IS merupakan pria kelahiran Lampung Selatan terlibat kelompok ekstrimis yang berkeinginan mendirikan negara islam di Indonesia. Kelompok ini tak segan melancarkan aksinya dengan teror-teror di tengah masyarakat. Bahkan pernah tercatat melakukan aksi meledakan bom.

“IS divonis hakim 4 tahun kurungan, 2 tahun di Rutan Cikeas kemudian di Pati menjalani sisa hukuman 2 tahun. Dia terlibat organisasi (JI) yang dilarang oleh negara karena berseberangan ideologi bangsa dan cenderung memecah persatuan kesatuan NKRI,” Kasno menjelaskan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, IS dibawa ke Lapas Pati menggunakan mobil elf warna hitam. Dengan memakai baju orange serta penutup mata, IS mendapat pengawalan ketat dari pihak-pihak terkait. Bertolak pagi hari dari Cikeas, IS dikawal Densus 88 bersama staf dari Dirjen PAS.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Anggota Baru UKM KSR Universitas Muhammadiyah Kudus Diberi Diklatsar
Foto: Dua pemuda yang membawa kabur motor ninja merah Next post Bawa Kabur Motor Ninja Merah, Polisi Berhasil Tangkap Pemuda di Kudus
Social profiles