Anggota Baru UKM KSR Universitas Muhammadiyah Kudus Diberi Diklatsar

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (KSR) dan pengurus baru tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Kudus diberi Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) selama dua hari, pada 11 Maret 2023 dan 12 Maret 2023 kemarin yang bertempat di Kampus II UMKU Jln Raya Kudus-Jepara Nomor 519.

Warek 3 UMKU Anny Rosiana mengatakan, kegiatan yang mengusung tema ‘Membentuk Relawan KSR yang Lebih Loyal dan Berjiwa Kemanusiaan’ merupakan penyelenggararaan pelatihan dasar manajemen bencana yang melibatkan peran serta sinergi antara UMKU, PMI Kudus, dan MDMC Kudus.

Lebih lanjut, untuk materi Diklatsar yang diberikan berupa pertolongan pertama, manajemen bencana, evakuasi, manajemen tanggap darurat, dan praktik prasimulasi. Hal itu sangat berpengaruh untuk mengajarkan kepada mahasiswa dalam melatih rasa tanggung jawab dan peduli terhadap masyarakat.

Tentunya pelatihan yang diberikan akan bermanfaat dalam jangka panjang. Mengingat wilayah Indonesia sangat rawan terhadap bencana yang dilalui oleh dua lempeng aktif dan masuk dalam zona ring of fire.

Sementara itu, Ketua KSR UMKU Anastasya Elvira Prameswari mengungkapkan, gelaran Diklatsar ini sudah ke-7 yang diadakan oleh pihaknya. Adapun tujuannya itu untuk melatih empati mahasiswa yang tergabung dalam UKM KSR agar siap sedia mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kegiatan kebencanaan dan selalu bertanggung jawab.

Foto: Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) di Universitas Muhammadiyah Kudus
Foto: Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) di Universitas Muhammadiyah Kudus

“Kami juga mulai melakukan simulasi sederhana dengan peta evakuasi da memanfaatkan jalur yang sudah terdapat di kampus,” bebernya.

Lebih lanjut, nantinya untuk para staf, dosen, mahasiswa, dan masyarakat di sekitar kampus dapat melihat gambaran bahwa bagaimana pihaknya dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah ada. Ditambah bisa juga menanggulanginya sendiri jika terjadi suatu masalah disekitar kampus.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Grup Musik Asal Kota Kretek Sukses Ramaikan Panggung Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta
Mobil yang digunakan mengantar Napiter IS asal Rutan Cikeas di Lapas Kelas IIB Pati Next post Lapas Pati Kedatangan 1 Napiter asal Rutan Cikeas
Social profiles