Cerita Nenek Pekerja Pematri Emas di Demak yang Masih Bertahan

Foto: Karyati Warga Desa Cabean Demak saat ditemui ditempatnya bekerja

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Karyati seorang nenek berusia 67 tahun yang bekerja sebagai pematri emas di sudut Jalan Sultan Fatah tepatnya depan Joglo Pasar Bintoro Demak yang masih bertahan hingga tahun ini. Jumat (10/3/2023).

Meskipun digempur perkembangan zaman ternyata masih ada sebagian orang yang mencari nafkahnya bekerja sebagai pematri emas atau bisa disebut dengan rosok emas hingga saat ini.

Dalam pekerjaan setiap harinya, Karyati memulainya pada pukul 7 pagi hingga siang setelah Dzuhur. Ia menghabiskan waktu selama bekerja sebanyak 7 jam dengan penghasilan perharinya Rp 20 ribu atau Rp 30 ribu.

Dia bekerja menghabiskan waktu 6-7 jam dengan penghasilan yang tidak menentu, sekitar 20-30 ribu perhari. Diketahui, Karyati sudah lama menggeluti pekerjaan ini semenjak tahun 1980 an hingga saat ini di tahun 2023.

Karyati mengungkapkan, bahwa untuk matri emas warga Demak asal Desa Cabean itu tidak mematok harga tertentu bagi yang ingin menggunakan jasanya.

“Saya awal menekuni pekerjaan ini dari tahun 1980 an. Kurang lebih 42 tahun, hingga tahun 2023 ini. Saya juga tidak pernah mematok harga tetap untuk yang ingin patri emas terserah orang mau bayar berapapun saya terima,” bebernya.

Diketahui, patri emas merupakan salah satu pekerjaan yang masih bertahan hingga saat ini. Untuk cara kerja, biasanya akan dilakukan dengan menggosok emas. Setelah itu dilakukan penimbangan berat dan diperiksa keasliannya jika pemiliknya hendak menjual emas itu kepadanya.

“Sebagai contoh ketika ada yang ingin jual emas, biasanya saya gosok dulu agar tahu kadar emasnya asli atau tidak. Kemudian nanti hasilnya apakah emas tua atau emas muda,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Jajaran BKKBN Republik Indonesia saat berada di Gedung Grhdika Bina Praja Kabupaten Demak Previous post Target Tahun 2023 Angka Stunting di Kabupaten Demak Turun Dibawah 10 Persen
Foto: Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo dan Sub Koordinator Atraksi Wisata dan Hiburan Masluroh (istimewa) Next post Meriahkan Bulan Maret 2023, Pemkab Demak Gelar Kirab Budaya
Social profiles