Meriahkan Bulan Maret 2023, Pemkab Demak Gelar Kirab Budaya

0
Foto: Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo dan Sub Koordinator Atraksi Wisata dan Hiburan Masluroh (istimewa)
Foto: Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo dan Sub Koordinator Atraksi Wisata dan Hiburan Masluroh (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Pemkab Demak berencana akan menggelar kirab budaya pada Selasa (21/3). Hal itu bisa berubah tergantung pada penentuan tanggal satu Ramadhan oleh Kementrian Agama RI, Jumat (10/3/2023).

PLT Kadinas Pariwisata Endah Cahyarini melalui Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan acara kuliner megengan hingga kirab budaya.

Hal itu dipersiapkan, mengingat nantinya juga akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Peringatan HUT ke-520 Kabupaten Demak pada tanggal (28/3/23). Tentunya berdekatan dengan Ramadhan.

“Kegiatan atau acara yang berupa tradisi dan budaya itu nantinya akan dikemas bertema Festival Megengan dan Festival Budaya Kota Wali 2023,” kata Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo.

Untuk penentuan lokasi pihaknya akan menyiapkan area parkir Masjid Agung Demak. Adapun kegiatan lainnya yang turut memeriahkan adanya stand kuliner yang menggandeng UMKM dan bazar.

“Kami juga akan siapkan tempat sahur dan berbuka puasa bersama. Bahkan sudah kami sediakan tempat bagi yang ingin berjualan di wilayah jalan sekitar Bhayangkara,” ungkapnya.

Bagi para pelaku UMKM di Demak bilamana ada yang ingin bergabung atau berpartisipasi dalam menjual produknya, bisa menghubungi Dinas Pariwisata melalui nomor kontak WhatsApp 082225360690.

Ia menyebut, untuk Megengan kali ini akan digelar lebih menarik dan berbeda pada perayaan sebelumnya. Mulai dari barisan prajurit yang mengawal Rombongan Bupati dan Forkopimda

“Akan ada atraksi di depan panggung kehormatan dengan atraksinya kolosal yang menceritakan pada zaman dulu dan ada penampilan rebana,” ujar Prabowo sapaan akrabnya.

Sub Koordinator Atraksi Wisata dan Hiburan Masluroh menyampaikan, kegiatan yang dalam rangka menyambut ramadhan dan peringatan HUT Kabupaten Demak rencananya digelar pada Selasa (21/3).

“Acaranya siang sekiar jam satu dimulai dengan peserta kirab budaya. Lalu akan disiapkan disamping Masjid Agung Demak untuk panggung kehormatan,” tuturnya.

Nantinya, lanjut dia, peserta yang akan bergabung dalam perayaan kirab budaya pihak Pemkab Demak melalui Dinas Pariwisata akan menggandeng pihak fashion designer dan sanggar hiburan.